Cara Mengobati Penyakit Kista Tanpa Operasi

Penyakit Kista adalah suatu organ yang membesar dan di dalamnya berisi cairan. Seperti sebuah balon yang berisi air. Organ yang paling sering terjangkit penyakit kista adalah indung telur. Tidak ada ketentuan apakah indung telur yang kiri atau kanan. Kista dapat disembuhkan tanpa operasi.

Penyakit Kista dalam Indung Telur

Kista termasuk tumor jinak. Penyebab kista secara pasti belum diketahui. Penelitian terus dilakukan untuk memecahkan kasus medis ini agar jumlah penderita penyakit kista dapat ditekan. Kista memengaruhi siklus menstruasi perempuan karena sistem hormonal yang terganggu. Secara alami, hormon akan meregulasi pertumbuhan sel telur di ovarium.

Pada kista, follicles (semacam kantung-kantung di dalam ovarium yang berisi sel telur) di dalam ovarium hanya berjumlah sedikit. Sel telur di dalam follicles tidak matang, sehingga tidak bisa masuk ke dalam ovarium. Sebab inilah yang bisa menyebabkan seorang wanita jadi mandul. Follicles yang tidak matang dan ketidakmampuan untuk menyalurkan sel telur (proses ovulasi) sepertinya menjadi penyebab rendahnya jumlah hormon stimulasi follicle (HSF), melebihi kandungan hormon androgen di dalam ovarium.

Tanda-tanda Penyakit Kista

* Mengalami menstruasi yang tidak teratur, abnormal, dan rapat secara periode
* Terdapat masa absen, biasanya (tetapi tidak selalu) terjadi setelah satu atau lebih masa   menstruasi normal
* Timbul jerawat yang parah dan sangat mengganggu
* Ukuran payudara mengalami penyusutan
* Mengalami perkembangan pada karakteristik lelaki (virilization), seperti tumbuh rambut di sekujur tubuh dan wajah, suara berubah menjadi keras dan dalam, ukuran cilitorus membesar.
* Diabetes
* Rambut menjadi lebih tebal seperti layaknya seorang lelaki
* Mandul atau tidak mempunyai keturunan meski sudah melakukan pengobatan
* Kandungan hormon insulin sangat sedikit
* Mengalami kegemukan, obesitas

Penderita Penyakit Kista

Jenis Kista

1. Kista Fungsional
Kista Fungsional sering tanpa gejala. Timbul gejala rasa sakit apabila disertai komplikasi seperti terpuntir atau pecah, tetapi komplikasi ini sangat jarang. Penyakit kista fungsional ini paling sering terjadi dan sangat jarang pada dua indung telur. Ia bisa mengecil sendiri dalam waktu 1-3 bulan.

2. Kista Dermoid
Kista Dermoid terjadi karena jaringan dalam telur yang tidak dibuahi. Kemudian tumbuh menjadi beberapa jaringan seperti rambut, tulang dan lemak. Penyakit Kista ini dapat terjadi pada dua indung telur dan biasanya tanpa gejala. Timbul gejala rasa sakit apabila kista terpuntir atau pecah.

3. Kista Endometriosis
Kista Endometriosis terjadi karena lapisan di dalam rahim (yang biasanya terkelupas sewaktu haid dan terlihat keluar dari kemaluan seperti darah), tidak terletak dalam rahim tetapi melekat pada dinding luar indung telur. Akibat peristiwa ini setiap kali haid, lapisan tersebut menghasilkan darah haid, yang akan terus menerus tertimbun dan menjadi kista.

Kista ini bisa pada satu atau dua indung telur. Timbul gejala utama yaitu rasa sakit terutama sewaktu haid atau sexual intercourse.

4. Kista Denoma
Kista Denoma berasal dari pembungkus indung telur yang tumbuh menjadi kista. Kista jenis ini juga dapat menyerang indung telur kanan dan kiri. Gejala yang timbul biasanya akibat penekanan pada bagian tubuh sekitar seperti kandung kencing sehingga dapat menyebabkan semacam “beser”.

Mengobati Penyakit Kista Tanpa Operasi

Kita dapat mengonsumsi obat herbal untuk mengobati penyakit kista tanpa operasi. Beberapa obat herbal yang disarankan adalah:
– Nigellive
– Habbatussauda KAMIL
– Kamil 3 in 1

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *