Cara Mengobati Vitiligo Secara Alami

Apabila timbul bercak-bercak putih di kulit, jangan langsung terburu-buru menghukumi itu adalah vitiligo. Tetapi pastikan terlebih dulu dengan berkonsultasi dan bertanya pada ahlinya. Bila bercak putih tersebut sudah bisa dipastikan vitiligo, maka jangan terlalu cemas terlebih dahulu. Mengobati vitiligo dapat dilakukan dengan cara yang relatif mudah.

Sebenarnya vitiligo bukanlah satu penyakit. Meskipun bercak putih tampak seperti penyakit, tapi vitiligo bukan penyakit. Vitiligo adalah gangguan kelainan kulit. Maka vitiligo tidak mengganggu struktur kulit. Hampir seluruh fungsi kulit masih bekerja dengan baik. Fungsi pengeluaran keringat masih berjalan, fungsi melindungi tubuh dari kuman masih baik, organ di dalamnya juga masih bisa dilindungi, pengaturan suhu tubuh masih baik, kulit juga masih bisa menyerap bahan dari luar seperti obat. Bahkan kalau pada bagian bercak putih terdapat luka, proses penyembuhannya pun sama dengan kulit normal.

Mengobati Vitiligo pada Mata

Memang dengan rusaknya sel melanosit yang memproduksi pigmen, risiko terkena radiasi sinar ultraviolet lebih besar dibanding kulit normal. Sebab, warna putih tidak hanya memantulkan tapi juga menyerap sinar. Alhasil, bagian tubuh lain juga lebih mudah terbakar sinar ultra violet sehingga bercak putih pun menyebar.

Dengan kondisi tersebut, penderita vitiligo tidak boleh terlalu lama terpajan di bawah sinar matahari. Berlama-lama di bawah paparan sinar matahari bagi penderita vitiligo akan memicu kanker kulit. Kendati demikian, Sri Linuwih menegaskan, kanker kulit pada penderita vitiligo sangat jarang ditemui. Kanker kulit lebih sering ditemui pada penderita albino alias vitiligo seluruh tubuh.

Tidak seperti penyakit kulit lain yang umumnya penyebab utamanya adalah jamur, virus, atau bakteri. Hingga saat ini, faktor utama yang penyebab terjadinya proses penghacuran sel-sel pigmen oleh sel imun tersebut belum diketahui secara pasti. Namun sejumlah dokter ahli kulit menduga, penyebabnya adalah gangguan imunitas tubuh atau autoimun.

Penyakit Vitiligo pada Tangan

Gangguan ini menyebabkan sel-sel imun tubuh menyerang dan menghancurkan sel melanosit sehingga produksi pigmen pembentuk warna pun terhenti. Vitiligo bisa menyerang anak-anak hingga dewasa. Tapi umumnya, diderita orang dewasa sekitar usia 30 tahun dan lebih sering menimpa wanita. Meskipun manifestasinya hanya berupa bercak putih dan tidak menimbulkan nyeri, bercak-bercak putih pada wajah mengakibatkan perbedaan penampilan dan memicu timbulnya perasaan rendah diri pada si penderita.

Sering memang Vitiligo pernah dikaitkan dengan faktor keturunan. Termasuk penyakit keturunan seperti tiroid, diabetes, dan lain-lainnya. Tapi karena belum ada kajian ilmiah yang bisa membuktikan kaitan vitiligo dengan hal tersebut, maka gangguan kulit yang satu ini tidak bisa dikatakan penyakit yang disebabkan keturunan atau terkait dengan penyakit lain.

Mengobati Vitiligo Secara Tradisional

Obat Tradisional Jahe

– Cuci bersih 30 gram jahe, kemudian blender jahe tersebut.
– Balurkan hasil blender pada kulit yang menderita vitiligo.

Tanaman Krokot

– Cuci dan bersihkan tanaman krokot hijau segar sebanyak 60 gram.
– Lalu dihaluskan atau bisa dibuat jus.
– Tambahkan cuka beras putih secukupnya.
– Aduk hingga rata.
– Oleskan pada bagian yang terkena vitiligo 2 sampai 3 kali setiap hari.

Catatan:
*Tanaman krokot memiliki daun kecil-kecil yang berbentuk bulat telur sungsang. batangnya berwarna keunguan dengan bentuk yang bulat. Selain itu ia juga memiliki bunga yang berwarna kuning dan biasa digunakan orang untuk memberi makan jangkrik.
*Cuka Beras atau Rice Vinegar dapat dibeli di supermarket atau toko obat cina.

Obat Vitiligo

Mengobati vitiligo bisa dengan mengonsumsi Jelly Gamat Gold G. Obat herbal ini telah terbukti ampuh mengobati penyakit vitiligo maupun penyakit berat lainnya seperti: kanker, stroke, maag, kolesterol, dan beberapa penyakit lainnya.

Jelly Gamat Gold-G

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *