Gandum (TALBINAH): Herba Nabi yang Mujarab

Talbinah merupakan obat nabawi, yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkannya. Alangkah baiknya jika dalam kehidupan kita, terdapat bagian dari anjuran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang kesehatan badan.

Kebanyakan kita bangga dan cinta dengan sunnah. Namun dalam pengobatan dan olah raga yang dia lakukan tidak ada bagian dari sunnah di dalamnya. Sebagai contoh, kita bisa menggantikan sepak bola dengan perlombaan (seperti perlombaan pacuan kuda atau selainnya, sebagaimana terdapat dalam sunnah -pent) dan gulat. Hal ini adalah sunnah nabawi, dimana melakukan dan mempopulerkannya merupakan kebaikan. Demikian juga dengan pengobatan nabawi.

Imam Bukhari rahimahullah mengeluarkan hadits dalam kitab Shahih-nya di tiga tempat (5417, 5689, 5690), dan Imam Muslim rahimahullah (2216), dengan sanad keduanya, (yaitu) hadis dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha:

أنها كانت إذا مات الميتُ من أهلِها، فاجتمع لذلك النساءُ، ثم تفرقن إلا أهلَها وخاصتَها، أمرت ببُرمةٍ من تلبينةٍ فطُبختْ، ثم صُنع ثريدٌ فصبَّت التلبينة عليها، ثم قالت : كُلن منها، فإني سمعتُ رسولِ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ يقول :التلبينةُ مُجمةٌ لفؤادِ المريضِ، تذهب ببعضِ الحزنِ

Bahwasanya apabila salah seorang anggota keluarganya meninggal dunia, maka berkumpullah para wanita. Kemudian mereka berpisah, kecuali keluarga dan orang-orang tertentu. Setelah itu, ia (‘Aisyah radhiyallahu ‘anha) menyuruh diambilkan seperiuk talbinah. Lalu dia memasak dan membuat tsariid. Kemudian dia menuangkan bubur talbinah tersebut di atasnya. Setelah itu, ia berkata: “Makanlah bubur ini! Sesungguhnya, aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Talbinah dapat menyegarkan hati orang yang sakit dan dapat menghilangkan sebagian rasa sedih”.

Talbinah ialah sup/bubur yang terbuat dari tepung atau dedak tepung, kadang dicampuri dengan madu. Sebagian ulama mengatakan bahwa gandum juga bisa digolongkan ke dalam tepung (sehingga bisa dipakai membuat talbinah -pent). Dan gandum rebus, tidak apa-apa, selama tidak terdapat alkohol di dalamnya.

Dalam hal ini ada sebuah faedah, (yaitu) para dokter menyarankan supaya (butiran gandum tersebut -pent) dibakar terlebih dahulu, agar keluar sebagian lemaknya, karena hal itu menyebabkan kegemukan.
‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bermaksud membuat makanan semacam ini ketika ada kematian, karena makanan tersebut dapat menghilangkan kesedihan, dan menghibur hati.
Terbuat dari tepung hasil penggilingan biji gandum murni alami

Khasiat

Membantu mengobati semua gangguan lambung
Mengenyahkan sakit maag secara herbal, alami dan nabawi
Meluruhkan lemak dan kolesterol
Kaya serat pangan, karena kandungan energinya mencapai 249 kkal dalam setiap 100gr. Bandingkan dengan kandungan energi dalam nasi dengan ukuran sama yang mencapai 178 kkal.
Dengan kandungan seratnya yang tinggi, talbinah mampu mengikat asam empedu, membantu pencernaan makanan, meluruhkan lemar dan kolesterol, menstabilkan produksi asam lambung secara alami, sebagai antiemetik (anti mual), melancarkan urine dan feses, mengurangi masuk angin dan perut kembung.
Talbinah memiliki keunggulan kandungan mineral, vitamin (B2, B5, E), niasin, asam folat, zat besi, tembaga, seng, mangan, potasium, magnesium dan antioksidan.
Kekurangan mineral karena kekurangan zat-zat di atas dapat mengakibatkan gangguan kejiwaan, stres dan depresi.
Karena itulah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Talbinah dapat melegakan hati orang yang sakit dan menghilangkan kesedihan.” (Hadits shahih)
Serat dalam talbinah juga mampu mengikat zat-zat karsinogenik karena zat asing dan mikroorganisme yang masuk ke dalma tubuh melalui makanan dan minuman atau proses pencernaan yang tak sempurna, sehingga talbinah baik dikonsumsi untuk menghindarkan dan menghambat kanker, terutama kanker kolon.
Talbinah dari tepung biji gandum utuh tidak beresiko untuk dikonsumsi penderita diabetes melitus. Hal ini berbeda dengan tepung gandum olahan yang putih.
Kandungan fitoestrogen dalam talbinah dapat meningkatkan produksi hormon estrogen, sehingga wanita menjelang menopause, sangat dianjurkan mengkonsumsinya, dan sekaligus dapat mereduksi penyakit jantung.

Cara Penyajian:

Rebus air satu gelas/secukupnya hingga mendidih
Ambil 3-4 sendok makan tepung talbinah
Campur dengan air secukupnya dan aduk hingga merata
Masukkan adukan tepung talbinah ke dalam air mendidih
Aduk terus hingga menjadi bubur
Lebih nikmat jika ditambah gula merah atau garam atau kuah daging
Angat dan biarkan hingga dingin

Mengapa harus Gandum (Talbinah)?

Komposisi Talbinah dan Khasiatnya dalam Pengobatan
Talbinah mempunyai kandungan diantaranya:

  1. Mengandung zat betaglucan, yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  2. Mengandung Vitamin E yang bisa melemahkan enzim-enzim yang mensintesis kolesterol.
  3. Mengandung Potasium, yang berfungsi mengendalikan tekanan darah, karena ia menciptakan keseimbangan antara air dan garam.
  4. Mengandung Potasium, Magnesium, anti oksidan dan vitamin B, kekurangan zat-zat ini di dalam tubuh menyebabkan kekurangan mineral. Para ilmuwan modern mengatakan bahwa penyakit-penyakit kejiwaan, depresi, dan sebagainya merupakan akibat kekurangan mineral tertentu.
  5. Mengandung Melatonin yang berfungsi: Menurunkan kolesterol, Menurunkan tekanan darah, Mengobati Parkinson, Meningkatkan kekebalan tubuh, Mengobati gangguan tidur, Mengobati kanker, Mengobati depresi.
  6. Mengandung Lysine, yang berfungsi membangun kesehatan tubuh.
  7. Mengandung hormon Prostaglofuin, yaitu hormon yang menyebabkan tidur, dengan demikian talbinah mencegah terjadinya insomnia.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *