Obat Herbal Asam Urat

Herbal Permata selalu berusaha menyediakan obat herbal terbaik dan yang teruji khasiatnya. Banyak obat herbal asam urat yang beredar di pasaran. Pastikan Anda tidak salah dalam memilihnya.

Pengertian Asam Urat

Asam urat atau Gout adalah kristal-kristal yang terbentuk sebagai hasil metabolisme zat purin (bentuk turunan dari nukleoprotein).

Purin merupakan salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel semua makhluk hidup. Purin terdapat dalam tubuh kita, terdapat juga pada makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan (daging, jeroan, sayur, buah, kacang, dsb.).

Selain itu, purin juga bisa dihasilkan dari perusakan sel-sel tubuh yang terjadi baik secara normal ataupun karena penyakit tertentu.

Saat kita mengonsumsi makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup, zat purin yang terkandung di dalamnya ikut berpindah ke dalam tubuh kita. Makanan yang masuk akan diolah oleh tubuh melalui proses metabolisme dan menghasilkan asam urat. Jadi setiap orang punya kadar asam urat dalam tubuh.

Terjadinya Asam Urat Tinggi

Asam urat dalam darah akan meningkat bila mengonsumsi makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Beberapa makanan yang mengandung purin tinggi dan sebaiknya dihindari yaitu:
jeroan, hati, ginjal, limpa, usus, babat, otak, kerang, udang, kepiting, cumi-cumi, sarden, kornet, telur, daging, kuah yang kental, tempe, oncom, bayam, susu kedelai, kangkung, daun singkong, dan kembang kol.

Selain konsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin, minum minuman beralkohol juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit asam urat. Alkohol menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine berkurang sehingga asam urat tetap bertahan dalam peredaran darah dan menumpuk di persendian.

Nyeri Sendi Karena Asam Urat

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat terjadi jika kadar asam urat berlebihan (karena purin yang masuk terlalu banyak). Tubuh manusia sudah menyediakan 85% senyawa purin untuk kebutuhan sehari-hari, yang berarti kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15%.

Dalam kondisi normal, asam urat yang dihasilkan akan dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk urine dan feses (tinja/kotoran). Proses pembuangan ini diatur oleh ginjal, yang berfungsi mengatur kestabilan kadar asam urat dalam tubuh.

Namun jika kadar asam urat berlebihan, ginjal akan kewalahan dan tidak sanggup mengaturnya sehingga kelebihan kristal asam urat tersebut akan menumpuk pada sendi dan jaringan. Ini sebabnya persendian kita terasa nyeri dan bengkak.

Setiap sendi pada tubuh kita bisa terkena asam urat. Namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Proses Terjadinya Penyakit Asam Urat

  • Diawali dengan konsumsi zat yang mengandung purin secara berlebihan.
  • Zat purin dalam jumlah banyak masuk dalam tubuh, kemudian melalui metabolisme berubah menjadi asam urat.
  • Kadar asam urat dalam tubuh meningkat sehingga ginjal tidak mampu membuang kelebihan asam urat.
  • Kristal asam urat yang berlebih menumpuk di persendian.
  • Akibatnya sendi kita terasa nyeri, membengkak, meradang, panas dan kaku.

Bahaya Asam Urat

Sebagai akibat asam urat, ginjal juga akan mengalami gangguan. Pada kasus yang parah, penderita sampai tidak bisa jalan karena persendian terasa sangat sakit jika bergerak. Tulang di sekitar sendi juga bisa keropos atau mengalami pengapuran tulang.

Batu Ginjal

Batu ginjal dapat terjadi jika seseorang tersebut menderita kadar asam urat tinggi. Batu ginjal tersebut tidak mungkin terdeteksi sampai terjebak ke dalam ureter. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat luar biasa. Selain itu juga berakibat orang tersebut sering buang air kecil, kencing darah, mual dan muntah.

Gejala umum batu ginjal ini adalah nyeri yang tiba-tiba dan intens dalam perut, panggul, dan daerah pangkal paha yang cenderung datang secara bertubi-tubi. Gejala tambahan yang lain seperti kencing darah dan rasa nyeri saat buang air kecil.

Gagal Ginjal

Gejala yang sangat parah yang lain terkait kadar asam urat tinggi yaitu gagal ginjal yang bermanifestasi menjadi kurangnya kencing, pembengkakan pada tungkai, sesak nafas, mengantuk dan kebingungan, kelelahan, atau nyeri dada.

Gagal ginjal ini dapat berkembang pada pasien yang menderita leukimia, limfoma hodgkin dan limfoma non hidgkin karena adanya kadar asam urat yang tinggi. Hal ini merupakan konsekuensi dari kemoterapi yang membunuh sel-sel ganas.

Nyeri Sendi

Nyeri sendi karena asam urat terjadi pada sendi yang sering mendapatkan tekanan. Misalnya mata kaki, ujung jempol kaki, tumit, siku, dan dapat juga di daerah telinga. Gejala nyeri ini akan sering dirasakan pada malam dan pagi hari saat cuaca dingin.

Rasa nyeri ini datang disebabkan oleh penumpukan kadar asam urat di celah-celah sendi yang menyebabkan munculnya peradangan. Bila hal ini sudah mencapai kondisi kronis, maka akan terjadi kerusakan permanen pada sendi-sendi tersebut.

Pengobatan Asam Urat

Asam urat dapat diobati secara medis maupun dengan mengonsumsi obat herbal asam urat. Penggunaan obat herbal asam urat akhir-akhir ini makin digemari karena telah cukup banyak yang berhasil sembuh dari penyakit asam urat.

Beberapa obat herbal asam urat pilihan kami adalah:

Showing all 7 results