Luka Memar Harus Ditangani dengan Benar

Luka memar adalah luka yang sering dijumpai dan dialami oleh seseorang. Biasanya terjadi karena beberapa hal seperti terjatuh atau terkena pukulan ke badan yang menyebabkan beberapa pembuluh darah pecah di bawah permukaan kulit. Perubahan warna dan pembengkakan pada kulit timbul karena adanya rembesan darah ke dalam jaringan.

Luka Memar
Jari kelingking yang seringkali terkena luka memar atau bengkak karena terbentuk kaki meja.

Menurut Stanley M. Zildo seperti dikutip dari bukunya yang berjudul First Aid, Cara Benar Pertolongan Pertama dan Penanganan Darurat, gejala memar adalah daerah yang terkena terasa sakit, kulit memerah lalu berubah warna menjadi biru atau hijau, terkadang timbul bengkak atau benjolan.

Memar biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Meskipun demikian, perlu dilakukan beberapa hal agar memar dapat sembuh lebih cepat, yaitu:

  1. Sesegera mungkin kompreslah dengan menggunakan air dingin atau es pada daerah yang memar untuk mengurangi perdarahan dan pembengkakan.
  2. Bila memar terjadi pada lengan atau kaki, angkat bagian tersebut dengan posisi lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi aliran darah lokal.
  3. Setelah 24 jam, gunakan kompres hangat untuk membantu penyembuhan luka. Kompresan hangat akan membuka pembulu darah sehingga memperlancar sirkulasi darah pada area tersebut.
  4. Bila memar bertambah parah atau bengkak dengan rasa sakit tak tertahankan, segera bawa ke rumah sakit karena ada kemungkinan patah tulang atau luka lainnya.

Tapi untuk memar di bagian perut haruslah diwaspadai. Mengingat di balik kulit perut banyak organ-organ yang penting. Lokasi memar di permukaan dinding perut akan memproyeksikan organ apa yang berada di bawahnya. Kasus perdarahan karena robekan pada hati baik lobus kanan maupun kiri, pecahnya limpa, robeknya lambung beserta usus halus, robekan pada ginjal, pankreas atau kandung kemih bisa terjadi akibat benturan di perut. Jadi jangan pernah menyepelekan benturan di perut.

Terlihat memar kecil yang sangat tidak berarti dari luar, kalau dilihat seperti tidak ada masalah harusnya. Bahkan beberapa kali kita menjumpai tidak ada jejak sama sekali tapi penderita mengeluh nyeri yang luar biasa dan terus menerus pada perut setelah mengalami kecelakaan yang juga tidak terlalu keras. Namun siapa nyana hantaman dari benturan di perut terutama akan dihantarkan ke organ terdekat yang ada di bawah dinding perut.

Gejala yang muncul juga tidak sama. Ada benturan yang masih bisa ditahan penderita nyerinya hingga beberapa hari, namun ada yang beberapa jam saja sudah menimbulkan rasa nyeri hebat. Bahkan menyebabkan penderita masuk ke syok baik hypovolemic maupun neurogenik syok dalam waktu yang sangat cepat.

Resep Tradisional Untuk Mengobati Luka Memar

Bawang Putih

Bahan: bawang putih dan 1 sendok madu;
Cara membuat: bawang putih ditumbuk halus, kemudian diberi 1 sendok madu dan dicampur sampai merata;
Cara menggunakan: dioleskan pada bagian yang luka.

Kencur

Ambil 1 (satu) sendok makan beras, tumbuk bersama 1 (satu) potong kencur sebesar ibu jari yang telah dicuci bersih. Oleskan merata pada bagian yang benjol dan memar.

Pala

– Buah Pinang muda 2 buah
– Buah pala  4 buah
– Jeruk nipis secukupnya

Pertama-tama belah buah pinang dan buah pala ambil isinya, kemudian haluskan kedua bahan tersebut secara bersamaan sehingga bercapur menjadi satu. Setelah dua bahan tersebut halus dan benar-benar lembut letakan dalam satu wadah.

Tahap selanjutnya belah jeruk nipis yang disediakan tadi dan kemudian peras air jeruk nipis campurkan ke dalam wadah yang berisi halusan pala dan buah pinang tadi. Kemudian aduk-aduk hingga rata semua bahan. Jika kurang encer bisa ditambahkan lagi air jeruk nipisnya.

Penggunaan:
Oleskan bahan yang tadi dibuat kebagian tubuh yang lebam/keseleo hingga rata. Jika kering, oleskan kembali dengan sisa bahan yang tadi.

Buah Asam atau Asam Jawa

Oleskan asam jawa (dagingnya yang lunak seperti salep) pada bagian yang memar.

Obat Herbal untuk Luka Memar

Bengkak akibat benturan atau pukulan benda tumpul bisa menyebabkan demam tubuh. Minyak KUTUS KUTUS obat herbal berkualitas dapat membantu mengobati luka memar dan bengkak.

Beberapa obat tradisional yang terbukti dapat menyembuhkan luka memar dengan cepat dan aman yaitu:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *