Meningkatkan Kesehatan Anak dan Kecerdasannya

Makanan memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Pada usia-usia tertentu kadang satu makanan dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan atau untuk mencegah sebuah penyakit. Ketika usia kanak-kanak pertumbuhan otak sangat berpengaruh. Maka pada usia ini makanan suplemen untuk pertumbuhan otak perlu di pacu. Ini memang berpengaruh terhadap kecerdasan, tapi inipun tentu tidak melalaikan didikan khusus dan pembelajaran.
Ketika usia remaja dan ketika menginjak masa tua tentu membutuhkan asupan makanan khusus yang berbeda pula.
Beberapa makanan lainnya yang sangat baik untuk otak ialah sayuran berwarna, seperti tomat, bayam, wortel, buncis, delima, dan lainnya. Jangan lupa menyertakan makanan yang baik untuk otak pada anak-anak untuk meningkatkan memori anak yang sedang tumbuh.
Berikut makanan yang baik untuk otak:
1. Susu, Yoghurt, dan Produk Susu lainnya
Susu dan produk susu lainnya merupakan sumber yang kaya protein, kalium, kalsium, dan vitamin D. Semua nutrisi penting adalah sumber kunci untuk pengembangan sistem neuromuskuler, neurotransmiter, enzim, dan jaringan otak. Anak-anak dan orang dalam kelompok usia remaja yang sedang dalam tahap pertumbuhan sangat membutuhkan nutrisi-nutrisi tersebut.
2. Semua Jenis Buah-buahan Berries
Kita mengacu pada stroberi, ceri, blueberry, dan blackberry sebagai Brainberries karena mereka menyediakan hampir semua nutrisi penting bagi otak. Buah-buahan berri merupakan sumber kaya akan antioksidan dan vitamin C yang membantu dalam mengurangi stres oksidasi.
Benih dari buah-buahan berri pun merupakan sumber kaya asam lemak omega-3, salah satu unsur paling penting dari membran luar sel otak kita.

3. Telur dan Kacang-kacangan
Kolin salah satu unsur penting untuk perkembangan sel-sel batang memori ini dapat ditemukan dalam telur. Kacang juga memiliki proporsi akan zat ini. Diet Kolin dapat meningkatkan produksi sel induk memori di otak.
Hal ini juga meminimalkan reaksi kelelahan dan meningkatkan perkembangan sel-sel batang memori. Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber yang kaya kadar vitamin D.
4. Gandum
Vitamin B dan glukosa yang ditemukan dalam biji-bijian gandum, seperti oatmeal dan beras merah merupakan asupan makanan otak yang sehat untuk anak. Tubuh kita membutuhkan pasokan reguler dari glukosa yang disediakan oleh biji-bijian tersebut.
Vitamin B meningkatkan aliran darah sistem saraf kita yang merupakan salah satu faktor utama dalam menjaga semua organ tubuh kita yang aktif, termasuk otak.
5. Salmon
Ikan dengan tingkat lemak yang tinggi seperti salmon merupakan sumber yang kaya omega-3, asam lemak seperti DHA dan EPA. Ini penting untuk perkembangan otak. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi ikan tersebut memiliki memori lebih tajam daripada yang lain.
Permainan Melatih Kecerdasan dan Emosional ANak
Disampaikan oleh Dra. Iswinarti, pada NILAI-NILAI TERAPIUTIK PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR
Penelitian ini didasari oleh penelitian sebelumnya yang telah menemukan bahwa Permainan Tradisional Engklek merupakan permainan yang mempunyai prosedur dan bentuk permainan yang bervariasi, kompleks, dan paling dikenal oleh anak dibandingkan dengan permainan tradisional lainnya dan diduga mempunyai nilai terapiutik tinggi. Nilai terapiutik merupakan nilai yang terkandung dalam permainan yang mempunyai manfaat dalam membantu mengatasi permasalahan anak Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang nilai terapiutik yang terkandung dalam Permainan Tradisional Engklek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai terapiutik yang terkandung dalam permainan tradisional Engklek meliputi:
(1) Nilai sebagai alat deteksi untuk mengetahui anak yang mempunyai masalah
(2) Nilai untuk perkembangan fisik yang baik. Aktivitas fisik meliputi kegiatan untuk berolah raga, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh, dan mengembangkan ketrampilan dalam pertumbuhan anak,
(3) Nilai untuk kesehatan mental yang baik, yaitu: membantu anak untuk mengkomunikasikan perasaannya secara efektif dengan cara yang alami, mengurangi kecemasan, pengendalian diri, pelatihan konsentrasi,
(4) Nilai problem solving, anak belajar memecahkan masalah sehingga kemampuan tersebut bisa ditransfer dalam kehidupan nyata,
(5) Nilai sosial, anak belajar ketrampilan sosial yang akan berguna untuk bekal dalam kehidupan nyata.
Suplemen Kesehatan Untuk Anak
Nayla Sativa merupakan Suplemen Lengkap untuk menunjang kesehatan dan kecerdasan putra-putri Anda.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *