Perawatan Wajah untuk Mencegah Timbulnya Jerawat

Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat sering dikaitkan dengan masa remaja. Sebenarnya ini bisa menjangkiti di semua kalangan umur. Penyebab-penyebabnya pun bermacam-macam. Berikut penyebab timbulnya jerawat:

Sebab Timbulnya Jerawat

Sel Kulit Mati
Lapisan sel kulit mati pada wajah akibat regenerasi kulit menutup pori-pori wajah. Seharusnya, pada saat sel baru muncul akan berada di bagian teratas dari kulit wajah. Tapi karena satu hal, seperti kurang bersih saat mencuci muka, lapisan sel kulit mati tidak terlepas semua dan terjadi penumpukan yang menyebabkan pori-pori kulit tertutup. Dan kemudian terjangkiti bakteri kemudian terjadi infeksi, maka terjadilah jerawat.

Kosmetik
Produk perawatan wajah atau make up serta produk untuk rambut (minyak rambut) juga bisa menjadi penyebab jerawat. Karena mengandung minyak yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit. Untuk menghindari hal ini, pilihlah produk yang berlabel oil free dan noncomedogenic. Tapi bagi yang punya wajah sensitif ini pun masih bisa jadi pemicu jerawat.

Hormon
Hormon yang meningkat pada masa pubertas. Ini karena adanya hormon androgen yang merangsang kelenjar minyak jadi lebih banyak.

Kurang Istirahat
Kurang istirahat dan stres juga berpengaruh jadi penyebab jerawat. Karena pada saat tersebut, tubuh terpacu untuk memproduksi hormon kortisol yang merangsang produksi minyak berlebih dari dalam kulit. Yang kemudian bercampur dengan sel kulit mati dan terinfeksi bakteri maka terjadilah jerawat.

Kesalahan Membersihkan Wajah
Misalnya mencuci muka setelah selesai aktifitas fisik atau berolah raga yang banyak mengeluarkan keringat. Kesalahannya adalah kebiasaan memakai make up saat berolah raga. Seharusnya, sebelum olah raga wajah harus terbebas dari make up dan ketika keluar keringat wajah tidak tertutupi make up. Maka, sebaiknya membersihkan wajah dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga.

Menghilangkan Bekas Timbulnya Jerawat

Bila memang sudah terjadi jerawat dan meninggalkan bekas-bekas menghitam, maka bisa dicoba trik-trik menghilangkan bekas noda jerawat dibawah ini:

Perawatan Wajah dari Jerawat

Ambillah sepotong ubi kayu lalu kupas dan buang kulitnya. Kemudian bersihkan lalu parut secukupnya. Setelah itu campurkan dengan air secukupnya dan aduk sampai rata. Saring dan peras parutan ubi kayu tersebut untuk mendapatkan airnya. Cucilah muka anda atau poles ke muka anda seperti melakukan masker wajah biasanya. Lakukan selama seminggu dan lihat hasilnya.

Tumbuk beberapa biji potongan kulit batang kayu manis dan buat menjadi seperti serbuk kayu yang halus. Caranya masih sama seperti point nomor 1, campurkan dengan sedikit air dan oleskan ke bekas jerawat dan coba lakukan tips ini selama seminggu. Lebih bagus dilakukan saat bangun tidur di pagi hari.

Masih menggunakan irisan / potongan kulit batang kayu manis. Buat menjadi serbuk / hancurkan sampai halus dan campurkan dengan madu. Tempelkan campuran serbuk kulit batang kayu manis dengan madu tadi ke bekas jerawat. Dan diamkan sampai kering. Tips ini lebih bagus anda coba saat mau tidur, sehingga akan lebih maksimal prosesnya.

Ambil 15 atau lebih daun sirih yang masih muda, cuci dengan air bersih dan tumbuk sampai halus. Sebelum di oleskan ke bekas jerawat, sebaiknya bersihkan / cuci wajah anda dengan air suam terlebih dahulu. Kemudian oleskan tumbukan daun sirih muda tersebut ke bekas jerawat atau seluruh muka. Diamkan selama 30 menit atau sampai kering. Kemudian cuci wajah anda menggunakan sabun sampai bersih. Lakukan rutin 3x seminggu.

Gunakan kulit pisang kluthuk (pisang batu) yang sudah matang untuk diusapkan secara rutin ke seluruh permukaan wajah. Lakukan sebelum mandi, dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu sebelum anda mandi, bilaslah dulu bekas olesan kulit pisang tersebut menggunakan air teh yang sudah basi. (Buat teh 1 gelas dan biarkan dingin selama lebih dari 24 jam. Lebih bagus lagi kalau malamnya anda taruh di luar rumah agar terkena embun).

Tumbuk biji / buah pinang yang sudah agak tua sampai halus / lembut, campurkan dengan bunga mawar dan aduk sampai rata dan buat jadi masker. Lakukan rutin selama seminggu dan lihat hasilnya.

Obat Jerawat

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *