Radang Telinga pada Anak

Anak-anak lebih mudah terserang penyakit infeksi daripada orang dewasa. Semua infeksi yang terjadi pada anak-anak karena berbagai faktor seperti pemahaman higienitas-sanitasi yang kurang dan sistem imun yang masih berkembang. Salah satuya adalah infeksi telinga. Anak-anak pun sering terjadi kasus infeksi telinga.

Penyakit yang dianggap sepele ini kerap terjadi ketika musim hujan atau musim dingin tiba. Menurut para dokter di Amerika Serikat, sedikitnya 80 persen bayi dan anak berumur bawah tiga tahun (batita) pernah terserang penyakit ini. Penyebabnya adalah bakteri yang masuk ke rongga telinga, saat anak berenang, keramas atau mandi.

Kuman Penyebab Radang Telinga

Kebanyakan infeksi telinga pada anak menyebabkan radang di bagian tengah rongga telinga. Saat serangan kuman mulai terjadi, cairan menekan daerah ini, juga gendang telinga. Inilah yang menyebabkan bengkak dan radang.
Rasa nyerinya seperti ditusuk-tusuk. Tekanan yang begitu hebat kadang membuat gendang telinga menjadi pecah, sehingga mengeluarkan cairan yang meleleh keluar telinga. Gendang telinga yang pecah ini, umumnya bisa sembuh seperti sedia kala, tapi ada baiknya diperiksakan ke dokter.
Infeksi telinga umumnya lebih banyak menyerang pada anak-anak ketimbang orang dewasa. Soalnya, pada anak-anak rongga telinga lebih pendek. Jadi, bakteri lebih mudah masuk dan berbiak di tempat yang di tengah rongga telinga.
Telinga terdiri dari tiga bagian, yaitu telinga luar, tengah dan dalam. Ketiga bagian telinga ini bisa terinfeksi pada anak-anak, dan terkadang gejalanya tidak bisa disampaikan oleh sang anak sehingga pengobatannya terlambat.

Seringkali ketika sang anak merasa telinganya gatal, ia akan langsung mengorek liang telinga dengan kukunya atau mencari benda seperti pulpen, pensil, lidi, ranting dan benda lainnya. Benda yang tidak steril ini seringkali melukai kulit liang telinga dan menyebabkan masuknya kuman ke dalam luka. Akibatnya timbul infeksi dan peradangan di telinga luar.

Belum lagi bahaya robeknya gendang telinga akibat tusukan benda tersebut. Gejala yang timbul akibat infeksi telinga luar adalah rasa nyeri di liang dan daun telinga apabila disentuh dan pendengaran terasa berkurang. Bila dilihat menggunakan senter, akan tampak bisul di liang telinga. Kadang rasa nyeri bertambah bila rahang digerakkan.

Gejala Radang Telinga

– Sakit telinga, disebabkan adanya tekanan dari cairan yang terkumpul di dalam telinga tengah pada gendang telinga
– Demam tinggi, kadang disertai diare
– Selera makan turun atau hilang, karena telinganya sakit pada saat mengunyah dan menelan
– Keluarnya cairan dari lubang telinga yang menandai robeknya gendang telinga akibat tekanan cairan
– Peradangan umumnya juga disertai dengan demam, mual-mual, muntah, dan sakit kepala

Infeksi telinga dalam juga sangat beresiko menembus otak dan menimbulkan radang otak. Infeksi yang masuk ke peredaran darah akan menyebabkan infeksi sistemik tubuh. Infeksi yang menyebar ke tulang mastoid akan menyebabkan mastoiditis yang mengharuskan operasi. Pengobatannya sesuai dengan derajat penyakit, mulai dari antimikroba sampai tindakan operasi.

Perlu dipahami bahwa telinga bukanlah organ yang butuh perawatan rutin seperti halnya kulit, gigi, rambut, maupun kuku. Telinga tidaklah membutuhkan pembersihan khusus dari kita, karena kotoran telinga sebenarnya berguna untuk menangkap bakteri, debu dan mencegah tumbuhnya parasit di liang telinga.

Kotoran telinga juga akan kering sendiri dan keluar dari liang telinga. Membersihkan telinga seringkali akan melukai kulit di liang telinga dan membuatnya terinfeksi. Upaya membersihkan dengan cotton bud juga hanya akan membuat kotoran telinga semakin terdorong ke dalam, menumpuk dan menutupi liang telinga.

Maka berikanlah pemahahaman kepada anak untuk tidak memasukkan benda apapun ke dalam telinga, bila terasa gatal cukup memasukkan jari kelingking yang bersih dan menggosok liang telinga dengan ujung bantalan jari. Kuku harus selalu dijaga kebersihannya.

Saat mandi pun cukup mengeringkan bagian luar telinga dengan handuk. Langkah-langkah kecil ini akan tetap menjaga indra pendengaran tetap sehat menemani hidup kita.

Obat Radang Telinga

Obat Herbal OMA Mengobati Gangguan Telinga seperti infeksi telinga, radang telinga, telinga berdenging, telinga bernanah dan telinga berdarah.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *