Sejarah Penggunaan Obat Herbal Untuk Pengobatan

Sejarah Singkat Obat Herbal

Penggunaan obat herbal sebagai salah satu metode pengobatan telah dikenal sejak lama sebelum masa pra-sejarah. Manuskrip dari Cina dan Mesir kuno menunjukkan bahwa tumbuh-tumbuhan digunakan sebagai obat sejak awal tahun 3,000 SM.

Kebudayaan asli Afrika dan pribumi Amerika menggunakan obat herbal dalam ritual penyembuhan. Penggunaan obat herbal juga dikembangkan dalam sistem pengobatan tradisional seperti Ayurveda dan pengobatan Cina tradisional. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang di berbagai penjuru dunia cenderung menggunakan tumbuhan yang serupa untuk mengobati penyakit yang sejenis.

Penggunaan Obat Herbal Untuk Pengobatan
Penggunaan Obat Herbal Untuk Pengobatan. Sumber: PixaBay.

Awal abad ke-19, ketika mulai dikenal analisis kimia, ilmuwan mengekstrak dan merubah bahan aktif dari tanaman. Dalam perkembangannya kemudian, ahli kimia pun membuat senyawa tanaman versi mereka sendiri. Akibatnya penggunaan obat herbal menurun dan mulai digantikan obat medis. Hampir seperempat dari obat-obat medis yang ada sekarang sebenarnya merupakan turunan dari obat herbal.

Hingga saat ini WHO memperkirakan ada sekitar 80% penduduk dunia bergantung kepada pengobatan herbal untuk tujuan khusus. Sekitar 70% dokter di Jerman menulis resep untuk menggunakan obat herbal. Di sana tersedia sekitar 600-700 jenis obat herbal. Demikian juga di Amerika. Mahalnya harga obat-obatan medis di negara itu menyebabkan banyak orang beralih ke obat herbal. Dalam 20 tahun terakhir terlihat bahwa penggunaan obat herbal semakin meningkat.

Cara Kerja Obat Herbal

Hingga saat ini belum ditemukan secara pasti bahan tertentu dari tanaman herbal yang memiliki khasiat secara spesifik. Biasanya tanaman herbal terdiri dari banyak bahan dan komposisi yang saling mendukung sehingga menjadi tanaman yang berkhasiat. Keampuhan obat herbal dipengaruhi oleh banyak faktor. Termasuk diantaranya iklim, kualitas tanah, maupun hama tanaman. Begitu juga dengan waktu dan proses pemanenan tanaman herbal.

Penggunaan Obat Herbal di Amerika

Hampir sepertiga orang Amerika mengonsumsi obat herbal. Namun sayangnya, sebuah studi di New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa 70% orang yang mengonsumsi herbal enggan memberi tahu dokter mereka tentang itu. Padahal mereka tergolong memiliki latar belakang pendidikan tinggi dan penghasilan di atas rata-rata.

Sumber: Medical Center ~ University of Maryland

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *