Ramuan Tradisional untuk Kejantanan Pria

Kejantanan pria perlu banyak dibuktikan di banyak hal. Mengingat seorang suami adalah tulang punggung keluarga, aktifitasnya dalam bekerja memerlukan ekstra energi. Ketika membahagiakan istri juga diperlukan ekstra energi. Bisa dikata suami harus punya Energi Ekstra dalam tanggung jawabnya memberi nafkah lahir batin bagi anak mertuanya ini.

Kejantanan Pria

Berikut beberapa resep kejantanan pria yang bisa dicoba:

Impotensi

Penyakit ini banyak melanda kaum pria. Orang yang menderita penyakit ini akan kesulitan memberikan kepuasan bagi pasangannya ketika sedang melakukan hubungan seks. Sehingga penderita akan merasa malu dan rendah diri.
Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba ramuan di bawah ini:

Bahan-bahan
• 1 ons jahe.
• 1 butir telur ayam kampong
• 1 buah jeruk limau/nipis yang besar
• 1 sendok makan kecap manis
• 1 sendok makan madu asli
• 7 butir merica
• 3 batang lengkuas/laos

Cara Pembuatan
Jahe, Lengkuas diparut dan jeruk nipis diperas, lalu keduanya diambil airnya, telur dikocok sampai halus, dan merica dihaluskan. Kemudian semua bahan-bahan tadi dikocok menjadi satu.

Cara Pemakaian
Hasil ramuan diatas kemudian diminum mejelang tidur (dimalam hari) atau ketika akan bersetubuh. Sisa atau ampas perasan sebaiknya jangan dibuang. Campur ampas tadi dengan air panas . Dan setelah hangat-hangat kuku, balurkan pada penis/zakar Anda setelah bersetubuh. Lulur ini akan menjadikan penis anda bergerak lagi sehingga persetubuhan yang kedua akan bisa Anda nikmati kembali.

Meningkatkan Vitalitas Seksual

Setiap pasangan pasti mendambakan untuk memiliki vitalitas yang prima dalam setiap melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Untuk itu banyak cara yang dilakukan. Seperti totok penis, gurah penis serta ratus penis, yang sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan. Di bawah ini adalah resep obat-obatan tradisional yang berfungsi meningkatkan vitalitas seksual Anda.
Bahan-bahan :
• 2 butir kuning telur.
• 3 batang petai Cina.
• 1 sendok makan madu asli.
• 30 butir merica hitam.
Cara membuat :
Telur diambil kuningnya dan dikocok hingga halus. Kemudian petai Cina diambil isinya saja dan dijemur sampai kering lalu digerus hingga halus. Merica digerus sampai halus lalu ke-3 bahan ini dicampur menjadi satu. Tambahkan madu, lalu aduk sampai rata. Adonan ramuan kemudian diminum sekaligus tanpa menyisakan ampas.

Agar Tetap Kuat dan Bergairah

Pekerjaan terkadang menjadi penyebab terjadinya masalah-masalah seksualitas pada suami-istri. Karena terlalu lelah sehabis bekerja tidak jarang suami maupun istri merasa kelelahan sehingga mereka tidak bergairah dan lemah ketika sedang melakukan hubungan seksual. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mencoba resep obat tradisional di bawah ini agar Anda bisa tetap bergairah di tengah kesibukan Anda dalam bekerja. Inilah ramuan yang kami sajikan untuk Anda.
Bahan-bahan :
• 1 butir telur ayam kampong.
• 1 buah jeruk nipis.
• Gula merah secukupnya
• 1 sendok makan madu murni
Cara membuannya :
Jeruk nipis diperas, diambil sarinya saja dan kemudian dicampur dengan telur ayam kampong yang diambil kuningnya. Tambahkan gula merah secukupnya dan setelah itu masukkan madu juga secukupnya. Aduk semua bahan tadi hingga rata dan ramuan siap diminum. Ramuan obat tradisional ini cukup Anda konsumsi 2 kali seminggu, namun bila memungkinkan lebih baik setiap hari minum ramuan tersebut.

Agar Penis Kuat dan Tahan Lama

Sebagian kaum lelaki akan merasa bangga bila mepunyai ukuran penis yang panjang, besar, kuat dan juga terawat. Dan sebagian kaum wanita juga akan merasa senang jika alat vital suaminya besar, kuat, panjang dan tahan lama. Untuk memiliki penis yang kuat, besar, dan tahan lama ketika sedang melakukan hubungan seksual buatlah resep tradisional seperti berikut ini:

Ramuan Tradisional Kejantanan Pria

Bahan-bahan :
• Beberapa Lembar Daun Jarak.
• Bebarapa Lembar Daun Jeruk nipis, secukupnya.
Cara membuatnya :
Tumbuk daun jarak dan daun jeruk nipis sampai halus dan tambahkan air sedikit. Urutkan penis Anda menggunakan Ramuan daun-daunan tadi dan lakukan selama satu bulan. Dengan resep ini, Anda akan jadi lelaki yang kuat, perkasa serta tahan lama ketika melakukan kegiatan sex dengan istri anda.

Agar Tetap Bergairah di Atas Ranjang

Pasangan yang bergairah di atas ranjang tentu akan menjadi dambaaan setiap pasangan suami-istri. Namun tidak semua pasangan mengetahui apa yang harus mereka lakukan agar pasangannya dapat dapat terus memberikan gairah seksual atau sebaliknya ia sendiri yang dapat menimbulkan gairah bagi pasangannya, Jika anda ingin menjaga agar hubungan seksual anda tetap bergairah, ikutilah petunjuk berdasarkan penggunaan obat tradisional berikut ini:
Bahan-bahan :
• 1 sendok teh merica/lada.
• Ragi secukupnya.
• 2 buah jeruk nipis.
• Sepotong lengkuas.
• 2 batang potong besar jahe.
• 1 sendok teh garam.
Cara pembuatan :
Lengkuas, jahe dan ragi diparut sampai halus lalu ketiganya dicampur menjadi satu. Setelah itu masukkan air perasan jeruk nipis dan juga garam, Aduk semua bahan hingga rata, lalu disaring dan diambil airnya. Ramuan ini sangat cocok untuk laki-laki dan perempuan. Perlu anda ingat, ramuan ini memiliki fungsi lain, yaitu menghambat kehamilan. Karena itu tidak disarankan bagi yang ingin segera memiliki anak.

Obat Herbal Kejantanan Pria

Bila Anda ingin cara lebih praktis untuk menjadi pria perkasa, HERBAL PERMATA menyediakan obat herbal untuk meningkatkan gairah dan kejantanan pria. Anda seketika akan disayang istri lebih dari biasanya 🙂

8 Cara Membina Rumah Tangga Harmonis Secara Islami

Ikatan Cinta sepasang suami istri tidak akan mulus berada di puncak kecintaan. Terkadang mengalami aral rintangan yang kadang terus terseok-seok dalam kejenuhan, maka semakin lama bisa terus memudar. Tentunya pasangan suami istri tidak ingin untuk tumbang ditengah jalan dan berakhir dengan perpisahan. Agar ikatan cinta ini bisa terus langgeng, terdapat kiat-kiat yang mendukung untuk menciptakan rasa ikatan cinta semakin terjalin. Beberapa tips telah diajarkan sebaik-baik manusia Muhammad bin Abdullah SAW yang merupakan utusan Pencipta Alam Semesta.

Berikut tips untuk merajut cinta sepasang suami istri:

1. Saling Memberi Hadiah

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam telah bersabda:

Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian akan saling cinta mencintai.

Memberi hadiah merupakan salah satu bentuk perhatian seorang suami kepada istrinya, atau istri kepada suaminya. Terlebih bagi istri, hadiah dari suami mempunyai nilai yang sangat mengesankan. Hadiah tidak harus mahal, tetapi sebagai simbol perhatian suami kepada istri.
Seorang suami yang ketika pulang membawa sekedar oleh-oleh kesukaan istrinya, tentu akan membuat sang isteri senang dan merasa mendapat perhatian. Dan seorang suami, semestinya lebih mengerti apa yang lebih disenangi oleh isterinya. Oleh karena itu, para suami hendaklah menunjukkan perhatian kepada istri, diungkapkan dengan memberi hadian meski sederhana.

2. Mengkhususkan Waktu untuk Duduk Bersama

Jangan sampai antara suami istri sibuk dengan urusannya masing-masing dan tidak ada waktu untuk duduk bersama.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Pergaulilah mereka dengan baik [An Nisa’: 19]

Juga sebagaimana sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam kepada Abdullah bin ‘Amr bin Ash, yaitu manakala sahabat ini sibuk dengan shalat malam dan sibuk dengan puasa, sehingga lupa dan lalai terhadap isterinya, maka Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berkata:
Puasalah dan berbukalah. Tidur dan bangunlah. Puasalah sebulan selama tiga hari, karena sesungguhnya kebaikan itu memiliki sepuluh kali lipat. Sesungguhnya engkau memiliki kewajiban atas dirimu. Dirimu sendiri memiliki hak, dan engkau juga mempunyai kewajiban terhadap isterimu, juga kepada tamumu. Maka, berikanlah haknya setiap orang yang memiliki hak [Muttafaqun ‘alaihi].

3. Menampakkan Wajah yang Ceria

Di antara cara untuk mempererat cinta kasih, hendaklah menampakkan wajah yang ceria. Ungkapan dengan bahasa wajah, mempunyai pengaruh yang besar dalam kegembiraan dan kesedihan seseorang. Seorang isteri akan senang jika suaminya berwajah ceria, tidak cemberut.
Begitu pula sebaliknya, ketika suami datang, seorang isteri jangan sampai menunjukkan wajah cemberut atau marah. Meskipun demikian, hendaknya seorang suami juga bisa memahami kondisi isteri secara kejiwaan.

4. Ucapan yang Baik

Kalimat yang baik adalah kalimat-kalimat yang menyenangkan. Hendaklah menghindari kalimat-kalimat yang tidak menyenangkan, bahkan menyakitkan.
Seorang suami yang menegur isterinya karena tidak berhias, tidak mempercantik diri dengan celak dimata, harus dengan ucapan yang baik.

5. Rekreasi Berdua Tanpa Membawa Anak

Rutinitas pekerjaan suami di luar rumah dan pekerjaan isteri di rumah membuat suasana menjadi jenuh. Sekali-kali diperlukan suasana lain dengan cara pergi berdua tanpa membawa anak. Hal ini sangat penting, karena bisa memperbaharui cinta suami isteri.
Bukan berarti setelah mempunyai anak banyak tidak bisa pergi berdua. Tidak! Kita bisa meminta tolong kepada saudara, kerabat ataupun tetangga untuk menjaga anak-anak, lalu kita dapat pergi bersilaturahmi atau belanja ke toko dan lain sebagainya. Kemudian pada kesempatan lainnya, kita pergi berekreasi membawa isteri dan anak-anak.

6. Perlu Adanya Keterbukaan

Keterbukaan antara suami dan isteri sangat penting. Di antara problem yang timbul di keluarga, lantaran antara suami dan isteri masing-masing menutup diri, tidak terbuka menyampaikan problemnya kepada pasangannya. Yang akhirnya kian menumpuk. Pada gilirannya menjadi lebih besar, sampai akhirnya meledak.

7. Memaafkan

Maafkan pasangan Anda dan meminta maaf untuk apa pun kesalahan yang telah dibuat Anda berdua sepanjang waktu yang telah berlalu. Jujur dalam mengakui kesalahan dan menerima pasangan Anda sebagaimana adanya dirinya.

8. Berhubungan Intim

Keintiman fisik memberikan kontribusi besar dalam keintiman hubungan. Istilah ini saling terkait dengan seks. Keintiman fisik memberi Anda cara untuk mengekspresikan gairah Anda terhadap pasangan Anda. Pada hari-hari awal kebersamaan, pasangan menunggu untuk menikmati setiap saat dan setiap keintiman, yang membawa mereka lebih dekat dan lebih dekat.

Perawatan Organ Wanita Alami

LadyFem merapatkan organ intim wanita. Membuat wanita lebih bergairah dan sensitif.

Produk ini sangat cocok untuk wanita yang kurang bergairah, gangguan menstruasi, keputihan, dan sulit orgasme. LadyFem unggul karena 100% herbal dan legal.

Merawat Tubuh Secara Alami

Meningkatkan Hormon Estrogen
Hormon estrogen memiliki fungsi di berbagai organ badan wanita, seperti di organ indung telur, rahim, vagina, payudara serta dapat menambah  keanggunan wanita pada usia muda dan juga berfungsi untuk melindungi dari berbagai penyakit. Akan tetapi, seiring dengan mendekatnya masa menopause, taraf hormon estrogen dalam organ kaum wanita terus menurun, sehingga risiko mengidap berbagai penyakit terus bertambah.
Periset Amerika Serikat setelah mengadakan penelitian selama 9 tahun menyimpulkan bahwa mati haid berdampak bagi pengidapan sindrom metabolisme kaum wanita. Sindrom metabolisme merujuk pada banyak gejala abnormal dan memusat dalam tubuh wanita termasuk tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, obesitas sentral dan keabnormalan lemak darah, semuanya itu dapat dengan nyata menambah risiko berjangkitnya penyakit koroner jantung, stroke dan penyakit kencing manis. Hasil riset menunjukkan, dibandingkan dengan pasca mati haid, risiko wanita mengidap sindrom metabolisme pada masa menopause lebih besar.

Pakar kedokteran berpendapat, seiring dengan bertambahnya usia kaum wanita dan kurang bergerak badan, perubahan taraf berbagai hormon dalam tubuh memungkinkan menurunnya metabolisme tubuh, mengakibatkan penimbunan lemak yang terutama di bagian pinggang pinggul. Pakar mengatakan, Selain itu, setelah memasuki masa menopause, taraf hormon estrogen dalam tubuh wanita menurun drastis, ini mudah mengakibatkan ketidakstabilan tekanan darah, keabnormalan metabolisme lemak darah, keabnormalan gula darah, sehingga risiko terkena sindrom metabolisme meningkat.
Hormon estrogen memungkinkan kaum wanita kurang mengidap penyakit.
Boleh dikatakan, hormon estrogen adalah payung pelindung kaum wanita dan dapat melindungi mereka dihantui banyak penyakit. Sebab utama kaum wanita mengidap banyak penyakit umumnya berkaitan erat dengan menurunnya taraf hormon estrogen.
Misalnya penyakit pembuluh darah jantung, tingkat kejangkitan kaum wanita akan penyakit koroner jantung sebelum mati haid sangat rendah, boleh dikatakan hanya sepertujuh kaum lelaki sebaya. Sebab utamanya, taraf hormon estrogen dalam tubuh wanita relatif tinggi sebelum mati haid, sehingga pembuluh darah tidak mudah mengeras dan lemak darah tidak mudah naik. Akan tetapi, gejala itu berlainan ketika memasuki masa menopause, taraf hormon estrogen menurun drastis, sehingga kehilangan sama sekali payung pelindung. Ditambah tingkat kejangkitan pembuluh darah jantung dan otak bertambah cepat. Selain itu, ada penelitian membenarkan, osteoporosis, gigi mudah rontok, dimensia usia lanjut, depresi, tumor usus besar, perubahan bintik-bintik di wajah dan lainnya, semuanya mungkin berkaitan dengan menurunnya taraf hormon estrogen.
Maka, kalau hendak memperpanjang usia payung pelindung hormon estrogen, menambah hormon estrogen dengan layak dan pada waktu yang cocok merupakan suatu pilihan yang baik.
Pakar mengatakan, kaum wanita asalkan terdapat gejala demam hectic, mengeluarkan banyak keringat, kekeringan vagina, palpitasi, emosi tak terkontrol dan gejala menopause lainnya dapat dengan layak menambah hormon estrogen di bawah petunjuk dokter. Kebanyakan kaum wanita yang telah mati haid mempunyai kebutuhan terhadap itu. Sedangkan, pada tahap awal mati haid kalau dapat dengan layak menambah hormon estrogen, ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kaum wanita.
Akan tetapi, pakar mengingatkan pula, sebelum menjalani terapi hormon estrogen, kaum wanita harus menjalani lebih dahulu pemeriksaan terhadap rahim, kelenjar payudara, darah (air kencing) secara rutin, fungsi hati dan ginjal, lemak darah, gula darah, dan disfungsi pengentalan darah, dengan demikian baru dapat memperoleh pengobatan yang aman dan efektif.
Berikut adalah 5 tips untuk meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh:
1. Obat Estrogen
Dokter mungkin akan meresepkan obat yang dapat membantu meningkatkan estrogen. Obat dapat diberikan melalui suntikan maupun oral.
Obat tersebut dapat merangsang produksi estrogen dan mengganti estrogen yang tidak lagi diproduksi secara alami oleh tubuh.
2. Meningkatkan Berat Badan
Kekurangan gizi akan menghentikan produksi estrogen dalam tubuh.
Berat badan yang rendah (persentase lemak yang rendah) akan menurunkan produksi hormon yang amat penting ini.
Berkonsultasilah dengan dokter mengenai berat badan serta kebiasaan makan Anda, untuk menentukan apakah berat badan menjadi faktor berkurangnya produksi estrogen.
3. Makan Banyak Kedelai
Menurut beberapa penelitian, makanan alami seperti kedelai bisa membantu meningkatkan produksi hormon estrogen.
Namun, makanan tidak dapat memperbaiki kekurangan hormon estrogen parah, jadi pastikan untuk mendiskusikan perubahan diet dengan dokter.
4. Menggunakan Obat Kontrasepsi
Selain digunakan sebagai pengendali kehamilan, obat kontrasepsi bisa pula digunakan untuk membantu mengatur produksi dan metabolisme estrogen.
Beberapa obat kontrasepsi mengandung estrogen dan progesteron, sedang obat lainnya hanya mengandung estrogen.
Berkonsultasilah dengan dokter untuk memilih obat kontrasepsi yang tepat.
5. Suplemen Estrogen
Pertimbangkan untuk menggunakan suplemen estrogen. Ini merupakan pilihan populer bagi orang-orang yang lebih memilih cara alami atau holistik untuk meningkatkan estrogen.
Suplemen estrogen biasanya mengandung herbal dan protein yang membantu proses produksi estrogen dan hormon wanita lainnya, serta relatif lebih terjangkau dibanding perawatan lain.

Perawatan Tubuh Alami
Puera Soya Minuman Herbal untuk Terapi Kecantikan

Perawatan Wajah untuk Mencegah Timbulnya Jerawat

Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat sering dikaitkan dengan masa remaja. Sebenarnya ini bisa menjangkiti di semua kalangan umur. Penyebab-penyebabnya pun bermacam-macam. Berikut penyebab timbulnya jerawat:

Sebab Timbulnya Jerawat

Sel Kulit Mati
Lapisan sel kulit mati pada wajah akibat regenerasi kulit menutup pori-pori wajah. Seharusnya, pada saat sel baru muncul akan berada di bagian teratas dari kulit wajah. Tapi karena satu hal, seperti kurang bersih saat mencuci muka, lapisan sel kulit mati tidak terlepas semua dan terjadi penumpukan yang menyebabkan pori-pori kulit tertutup. Dan kemudian terjangkiti bakteri kemudian terjadi infeksi, maka terjadilah jerawat.

Kosmetik
Produk perawatan wajah atau make up serta produk untuk rambut (minyak rambut) juga bisa menjadi penyebab jerawat. Karena mengandung minyak yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit. Untuk menghindari hal ini, pilihlah produk yang berlabel oil free dan noncomedogenic. Tapi bagi yang punya wajah sensitif ini pun masih bisa jadi pemicu jerawat.

Hormon
Hormon yang meningkat pada masa pubertas. Ini karena adanya hormon androgen yang merangsang kelenjar minyak jadi lebih banyak.

Kurang Istirahat
Kurang istirahat dan stres juga berpengaruh jadi penyebab jerawat. Karena pada saat tersebut, tubuh terpacu untuk memproduksi hormon kortisol yang merangsang produksi minyak berlebih dari dalam kulit. Yang kemudian bercampur dengan sel kulit mati dan terinfeksi bakteri maka terjadilah jerawat.

Kesalahan Membersihkan Wajah
Misalnya mencuci muka setelah selesai aktifitas fisik atau berolah raga yang banyak mengeluarkan keringat. Kesalahannya adalah kebiasaan memakai make up saat berolah raga. Seharusnya, sebelum olah raga wajah harus terbebas dari make up dan ketika keluar keringat wajah tidak tertutupi make up. Maka, sebaiknya membersihkan wajah dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga.

Menghilangkan Bekas Timbulnya Jerawat

Bila memang sudah terjadi jerawat dan meninggalkan bekas-bekas menghitam, maka bisa dicoba trik-trik menghilangkan bekas noda jerawat dibawah ini:

Perawatan Wajah dari Jerawat

Ambillah sepotong ubi kayu lalu kupas dan buang kulitnya. Kemudian bersihkan lalu parut secukupnya. Setelah itu campurkan dengan air secukupnya dan aduk sampai rata. Saring dan peras parutan ubi kayu tersebut untuk mendapatkan airnya. Cucilah muka anda atau poles ke muka anda seperti melakukan masker wajah biasanya. Lakukan selama seminggu dan lihat hasilnya.

Tumbuk beberapa biji potongan kulit batang kayu manis dan buat menjadi seperti serbuk kayu yang halus. Caranya masih sama seperti point nomor 1, campurkan dengan sedikit air dan oleskan ke bekas jerawat dan coba lakukan tips ini selama seminggu. Lebih bagus dilakukan saat bangun tidur di pagi hari.

Masih menggunakan irisan / potongan kulit batang kayu manis. Buat menjadi serbuk / hancurkan sampai halus dan campurkan dengan madu. Tempelkan campuran serbuk kulit batang kayu manis dengan madu tadi ke bekas jerawat. Dan diamkan sampai kering. Tips ini lebih bagus anda coba saat mau tidur, sehingga akan lebih maksimal prosesnya.

Ambil 15 atau lebih daun sirih yang masih muda, cuci dengan air bersih dan tumbuk sampai halus. Sebelum di oleskan ke bekas jerawat, sebaiknya bersihkan / cuci wajah anda dengan air suam terlebih dahulu. Kemudian oleskan tumbukan daun sirih muda tersebut ke bekas jerawat atau seluruh muka. Diamkan selama 30 menit atau sampai kering. Kemudian cuci wajah anda menggunakan sabun sampai bersih. Lakukan rutin 3x seminggu.

Gunakan kulit pisang kluthuk (pisang batu) yang sudah matang untuk diusapkan secara rutin ke seluruh permukaan wajah. Lakukan sebelum mandi, dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu sebelum anda mandi, bilaslah dulu bekas olesan kulit pisang tersebut menggunakan air teh yang sudah basi. (Buat teh 1 gelas dan biarkan dingin selama lebih dari 24 jam. Lebih bagus lagi kalau malamnya anda taruh di luar rumah agar terkena embun).

Tumbuk biji / buah pinang yang sudah agak tua sampai halus / lembut, campurkan dengan bunga mawar dan aduk sampai rata dan buat jadi masker. Lakukan rutin selama seminggu dan lihat hasilnya.

Obat Jerawat

Memahami Kerja Hati

Pembuangan Racun Tubuh.
Ibarat sebuah pabrik, tubuh kita tentu akan membuang limbah sisa metabolisme yang bermacam-macam. Bahkan tidak jarang tubuh dimasuki berbagai macam racun. Racun dapat berasal dari ba­han-bahan kimia industri dan lim­bahnya, pestisida, pengawet dan ba­han-bahan kimia tambahan da­lam makanan kita, logam berat, zat anastesi, tumpukan obat, hor­mon di lingkungan, dan asap-asap (polusi kendaraan, asap rokok).
Organ tubuh paling berperan membersihkan tubuh dari racun adalah hati atau liver. Hati tersusun dari sekitar 300 miliar sel yang siap mengontrol proses metabolisme tubuh. Apa pun yang kita makan, minum, hirup lewat udara, serap lewat kulit, semuanya terkumpul dihati. Sel-sel hati ini akan memproses nutrisi dari zat nakanan nebjdi zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara zat-zat sisa hasil metabolisme yang merupakan racun bagi tubuh diolah sedemikian rupa di hati sehingga dapat dibuang dengan aman. Sebagian racun yang sudah dicerna disalurkan ke pembuluh darah, lalu disaring oleh ginjal dan kemudian dibuang melalui air seni. Zat racun yang lain dibawa oleh cairan empedu yang diproduksi oleh hati. Cairan ini bergerak melaui saluran empedu menuju kandung empedu dan usus untuk kemudian dibuang lewat proses buang air besar.

Hati adalah organ yang multifungsi. Selain menetralkan racun, hati bertugas menyimpan kelebihan gula (glukosa) di dalam tubuh. Ketika tubuh butuh energi, hati akan mengeluarkan cadangan glukosa tadi.
Beban kerja hati ini akan semakin berat bilamana tubuh sering diberi makanan yang banyak mengandung lemak dan racun. Hati terpaksa bekerja lebih keras agar zat-zat berbahaya dapat dinetralisir dan dibuang dari tubuh. Jika terus-terusan diberi beban berat, dalam jangka panjang hati bisa kewalahan lalu aus atau rusak. Ini akan mengakibatkan sistem pertahanan tubuh menjadi rapuh dan lemah.  Banyak orang ‘kecolongan’ dengan kesehatan organ hatinya, dikira baik-baik saja ternyata sudah rusak parah. Kerusakan hati sering tidak terdekteksi pada tahap awal karena tidak ada gejala khas yang muncul. Hati baru menunjukkan maslah dan menimbulkan keluhan serius bilamana keruakannya sudah sangat parah dengan fungsi hanya tinggal 10 persen. Pada tahap ini organ hati sulit untuk dipulihkan. Pada kondisi final, organ hati mengalami kerusakan menyeluruh, tidak bisa dipertahankan lagi. Untuk memperpanjang hidup, solusinya hanya dengan melakukan tranplantasi hati yang memakan biaya sangat mahal dengan risiko yang sangat tinggi. Karena itulah kita perlu memperingan beban hati dengan melakukan detoksifikasi. Detoksifikasi merupakan usaha yang dilakukan untuk mengeluarkan racun atau zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Usaha ini dapat dilakukan dengan bernagai cara, salah satunya dengan berpuasa. Puasa membuat kita tidaak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam dalam sehari.
Perlu anda ketahui waktu-waktu tubuh mengeluarkan racun setiap harinya. Berikut waktu-waktu tersebut:
1. jam 21.00 – 23.00 malam hari adalah waktu pembuangan zat-zat yang tidak berguna/beracun (detoxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). selama durasi waktu ini, kita harus dalam suasana tenang atau mendengarkan musik. jangan sibuk bekerja di waktu-waktu ini.
2. jam 23.00 – 01.00 dinihari terjadi proses detoxin dibagian hati yang berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
3. jam 01.00 – 03.00 dinihari proses detoxin dibagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.
4. jam 03.00 – 05.00 dini hari terjadi detoxin dibagian paru-paru, sebab itu akan terjadi batuk selama durasi waktu ini. karena proses pembersihan (detoxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar tidak merintangi proses pembuangan kotoran.
5. pagi pukul 05.00 – 07.00 detoxin dibagian usus besar, harus buang air, jangan ditahan-tahan!
6. pukul 07.00 – 09.00 pagi : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, jadi harus makan pagi atau sarapan.
bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pukul 06.30
makan pagi sebelum pukul 07.30 sangat baik untuk kesehatan.

Cara Mengobati Penyakit Kista Tanpa Operasi

Penyakit Kista adalah suatu organ yang membesar dan di dalamnya berisi cairan. Seperti sebuah balon yang berisi air. Organ yang paling sering terjangkit penyakit kista adalah indung telur. Tidak ada ketentuan apakah indung telur yang kiri atau kanan. Kista dapat disembuhkan tanpa operasi.

Penyakit Kista dalam Indung Telur

Kista termasuk tumor jinak. Penyebab kista secara pasti belum diketahui. Penelitian terus dilakukan untuk memecahkan kasus medis ini agar jumlah penderita penyakit kista dapat ditekan. Kista memengaruhi siklus menstruasi perempuan karena sistem hormonal yang terganggu. Secara alami, hormon akan meregulasi pertumbuhan sel telur di ovarium.

Pada kista, follicles (semacam kantung-kantung di dalam ovarium yang berisi sel telur) di dalam ovarium hanya berjumlah sedikit. Sel telur di dalam follicles tidak matang, sehingga tidak bisa masuk ke dalam ovarium. Sebab inilah yang bisa menyebabkan seorang wanita jadi mandul. Follicles yang tidak matang dan ketidakmampuan untuk menyalurkan sel telur (proses ovulasi) sepertinya menjadi penyebab rendahnya jumlah hormon stimulasi follicle (HSF), melebihi kandungan hormon androgen di dalam ovarium.

Tanda-tanda Penyakit Kista

* Mengalami menstruasi yang tidak teratur, abnormal, dan rapat secara periode
* Terdapat masa absen, biasanya (tetapi tidak selalu) terjadi setelah satu atau lebih masa   menstruasi normal
* Timbul jerawat yang parah dan sangat mengganggu
* Ukuran payudara mengalami penyusutan
* Mengalami perkembangan pada karakteristik lelaki (virilization), seperti tumbuh rambut di sekujur tubuh dan wajah, suara berubah menjadi keras dan dalam, ukuran cilitorus membesar.
* Diabetes
* Rambut menjadi lebih tebal seperti layaknya seorang lelaki
* Mandul atau tidak mempunyai keturunan meski sudah melakukan pengobatan
* Kandungan hormon insulin sangat sedikit
* Mengalami kegemukan, obesitas

Penderita Penyakit Kista

Jenis Kista

1. Kista Fungsional
Kista Fungsional sering tanpa gejala. Timbul gejala rasa sakit apabila disertai komplikasi seperti terpuntir atau pecah, tetapi komplikasi ini sangat jarang. Penyakit kista fungsional ini paling sering terjadi dan sangat jarang pada dua indung telur. Ia bisa mengecil sendiri dalam waktu 1-3 bulan.

2. Kista Dermoid
Kista Dermoid terjadi karena jaringan dalam telur yang tidak dibuahi. Kemudian tumbuh menjadi beberapa jaringan seperti rambut, tulang dan lemak. Penyakit Kista ini dapat terjadi pada dua indung telur dan biasanya tanpa gejala. Timbul gejala rasa sakit apabila kista terpuntir atau pecah.

3. Kista Endometriosis
Kista Endometriosis terjadi karena lapisan di dalam rahim (yang biasanya terkelupas sewaktu haid dan terlihat keluar dari kemaluan seperti darah), tidak terletak dalam rahim tetapi melekat pada dinding luar indung telur. Akibat peristiwa ini setiap kali haid, lapisan tersebut menghasilkan darah haid, yang akan terus menerus tertimbun dan menjadi kista.

Kista ini bisa pada satu atau dua indung telur. Timbul gejala utama yaitu rasa sakit terutama sewaktu haid atau sexual intercourse.

4. Kista Denoma
Kista Denoma berasal dari pembungkus indung telur yang tumbuh menjadi kista. Kista jenis ini juga dapat menyerang indung telur kanan dan kiri. Gejala yang timbul biasanya akibat penekanan pada bagian tubuh sekitar seperti kandung kencing sehingga dapat menyebabkan semacam “beser”.

Mengobati Penyakit Kista Tanpa Operasi

Kita dapat mengonsumsi obat herbal untuk mengobati penyakit kista tanpa operasi. Beberapa obat herbal yang disarankan adalah:
– Nigellive
– Habbatussauda KAMIL
– Kamil 3 in 1

Meningkatkan Kesehatan Anak dan Kecerdasannya

Makanan memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Pada usia-usia tertentu kadang satu makanan dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan atau untuk mencegah sebuah penyakit. Ketika usia kanak-kanak pertumbuhan otak sangat berpengaruh. Maka pada usia ini makanan suplemen untuk pertumbuhan otak perlu di pacu. Ini memang berpengaruh terhadap kecerdasan, tapi inipun tentu tidak melalaikan didikan khusus dan pembelajaran.
Ketika usia remaja dan ketika menginjak masa tua tentu membutuhkan asupan makanan khusus yang berbeda pula.
Beberapa makanan lainnya yang sangat baik untuk otak ialah sayuran berwarna, seperti tomat, bayam, wortel, buncis, delima, dan lainnya. Jangan lupa menyertakan makanan yang baik untuk otak pada anak-anak untuk meningkatkan memori anak yang sedang tumbuh.
Berikut makanan yang baik untuk otak:
1. Susu, Yoghurt, dan Produk Susu lainnya
Susu dan produk susu lainnya merupakan sumber yang kaya protein, kalium, kalsium, dan vitamin D. Semua nutrisi penting adalah sumber kunci untuk pengembangan sistem neuromuskuler, neurotransmiter, enzim, dan jaringan otak. Anak-anak dan orang dalam kelompok usia remaja yang sedang dalam tahap pertumbuhan sangat membutuhkan nutrisi-nutrisi tersebut.
2. Semua Jenis Buah-buahan Berries
Kita mengacu pada stroberi, ceri, blueberry, dan blackberry sebagai Brainberries karena mereka menyediakan hampir semua nutrisi penting bagi otak. Buah-buahan berri merupakan sumber kaya akan antioksidan dan vitamin C yang membantu dalam mengurangi stres oksidasi.
Benih dari buah-buahan berri pun merupakan sumber kaya asam lemak omega-3, salah satu unsur paling penting dari membran luar sel otak kita.

3. Telur dan Kacang-kacangan
Kolin salah satu unsur penting untuk perkembangan sel-sel batang memori ini dapat ditemukan dalam telur. Kacang juga memiliki proporsi akan zat ini. Diet Kolin dapat meningkatkan produksi sel induk memori di otak.
Hal ini juga meminimalkan reaksi kelelahan dan meningkatkan perkembangan sel-sel batang memori. Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber yang kaya kadar vitamin D.
4. Gandum
Vitamin B dan glukosa yang ditemukan dalam biji-bijian gandum, seperti oatmeal dan beras merah merupakan asupan makanan otak yang sehat untuk anak. Tubuh kita membutuhkan pasokan reguler dari glukosa yang disediakan oleh biji-bijian tersebut.
Vitamin B meningkatkan aliran darah sistem saraf kita yang merupakan salah satu faktor utama dalam menjaga semua organ tubuh kita yang aktif, termasuk otak.
5. Salmon
Ikan dengan tingkat lemak yang tinggi seperti salmon merupakan sumber yang kaya omega-3, asam lemak seperti DHA dan EPA. Ini penting untuk perkembangan otak. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi ikan tersebut memiliki memori lebih tajam daripada yang lain.
Permainan Melatih Kecerdasan dan Emosional ANak
Disampaikan oleh Dra. Iswinarti, pada NILAI-NILAI TERAPIUTIK PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR
Penelitian ini didasari oleh penelitian sebelumnya yang telah menemukan bahwa Permainan Tradisional Engklek merupakan permainan yang mempunyai prosedur dan bentuk permainan yang bervariasi, kompleks, dan paling dikenal oleh anak dibandingkan dengan permainan tradisional lainnya dan diduga mempunyai nilai terapiutik tinggi. Nilai terapiutik merupakan nilai yang terkandung dalam permainan yang mempunyai manfaat dalam membantu mengatasi permasalahan anak Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang nilai terapiutik yang terkandung dalam Permainan Tradisional Engklek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai terapiutik yang terkandung dalam permainan tradisional Engklek meliputi:
(1) Nilai sebagai alat deteksi untuk mengetahui anak yang mempunyai masalah
(2) Nilai untuk perkembangan fisik yang baik. Aktivitas fisik meliputi kegiatan untuk berolah raga, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh, dan mengembangkan ketrampilan dalam pertumbuhan anak,
(3) Nilai untuk kesehatan mental yang baik, yaitu: membantu anak untuk mengkomunikasikan perasaannya secara efektif dengan cara yang alami, mengurangi kecemasan, pengendalian diri, pelatihan konsentrasi,
(4) Nilai problem solving, anak belajar memecahkan masalah sehingga kemampuan tersebut bisa ditransfer dalam kehidupan nyata,
(5) Nilai sosial, anak belajar ketrampilan sosial yang akan berguna untuk bekal dalam kehidupan nyata.
Suplemen Kesehatan Untuk Anak
Nayla Sativa merupakan Suplemen Lengkap untuk menunjang kesehatan dan kecerdasan putra-putri Anda.

Apa Saja Efek Samping Obat Herbal?

Penggunaan obat herbal yang tepat dapat memberikan manfaat yang maksimal. Selain telah teruji dapat meringankan berbagai penyakit, efek samping obat herbal juga lebih kecil dibanding obat konvensional.

Namun meski herbal adalah obat alami, jangan menganggap bahwa ini aman sepenuhnya. Beberapa obat herbal dapat berakibat buruk bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Terkadang dijumpai obat-obat herbal yang belum terdaftar. Obat-obatan ini dapat mengandung bahan beracun maupun bahan tambahan lainnya yang komposisinya tidak dicantumkan dalam label. Untuk menghindari terjadinya salah obat, pastikan Anda membelinya dari toko herbal online yang sudah memiliki reputasi yang baik.

Efek Samping Obat Herbal
Efek Samping Obat Herbal. Sumber: PixaBay.

Obat herbal juga dapat menyebabkan alergi dan bereaksi dengan obat medis yang dikonsumsi bersamaan. Bahkan ada pula yang malah menjadi beracun bila dikonsumsi dengan dosis yang terlalu tinggi.

Di bawah ini beberapa contoh tanaman herbal yang berpotensi memiliki efek samping yang merugikan:

Saint John’s Wort

Dapat menyebabkan kulit sensitif terhadap sinar matahari. Efek samping lainnya dapat berupa reaksi alergi, gangguan perut, lelah, dan gelisah. Uji klinis menunjukkan Saint John’s Wort juga dapat mengurangi kemanjuran beberapa obat seperti Warfarin (pengencer darah), inhibitor protease HIV, pil KB, serta obat asma tertentu.

Obat herbal Saint John’s Wort ini tidak disarankan untuk dikonsumsi bersama dengan obat anti-depresi. Badan Obat Amerika (FDA) telah menerbitkan saran kesehatan terkait efek samping yang disebabkan interaksi kedua obat tersebut.

Kava

Dikhawatirkan dapat menimbulkan keracunan atau bahkan kerusakan hati. Masih belum jelas apakah kava itu sendiri yang menjadi penyebabnya ataukah bila dikonsumsi bersama dengan obat atau herbal lainnya. Juga belum dapat dipastikan kava tersebut dikonsumsi dengan dosis yang disarankan ataukah melebihi ketentuan.

Beberapa negara telah melarang peredaran obat herbal ini. FDA menyatakan bahwa kasus kerusakan hati yang disebabkan kava memang jarang terjadi namun tetap berpotensi menjadi penyebabnya.

Valerian

Bisa menyebabkan ngantuk dan pada beberapa orang memiliki efek menimbulkan gairah berlebihan alih-alih sebagai penenang.

Evening Primrose

Obat tradisional dengan nama latin Oenothera biennis ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kejang pada orang yang memiliki sakit kejang. Bagi orang yang mengonsumsi obat pengencer darah, seperti warfarin atau coumadin, justru dapat menyebabkan pendarahan.

Bawang putih, Ginkgo, feverfew, dan jahe dapat berisiko menimbulkan pendarahan.

Beberapa obat herbal yang berasal dari Asia berpotensi mengandung unsur logam yang tinggi. Misalnya seperti timbal, merkuri, dan kadmium.

Cukup banyak obat herbal yang berisiko menimbulkan reaksi yang berbahaya bila dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan medis. Terutama pasien kanker yang sedang dalam masa perawatan.

Konsultasikan dengan orang yang benar-benar mengerti tentang tanaman obat herbal agar Anda mendapatkan obat herbal yang benar-benar sesuai dan berkualitas.

Sumber: Medical Center ~ University of Maryland

Cara Mengobati Vitiligo Secara Alami

Apabila timbul bercak-bercak putih di kulit, jangan langsung terburu-buru menghukumi itu adalah vitiligo. Tetapi pastikan terlebih dulu dengan berkonsultasi dan bertanya pada ahlinya. Bila bercak putih tersebut sudah bisa dipastikan vitiligo, maka jangan terlalu cemas terlebih dahulu. Mengobati vitiligo dapat dilakukan dengan cara yang relatif mudah.

Sebenarnya vitiligo bukanlah satu penyakit. Meskipun bercak putih tampak seperti penyakit, tapi vitiligo bukan penyakit. Vitiligo adalah gangguan kelainan kulit. Maka vitiligo tidak mengganggu struktur kulit. Hampir seluruh fungsi kulit masih bekerja dengan baik. Fungsi pengeluaran keringat masih berjalan, fungsi melindungi tubuh dari kuman masih baik, organ di dalamnya juga masih bisa dilindungi, pengaturan suhu tubuh masih baik, kulit juga masih bisa menyerap bahan dari luar seperti obat. Bahkan kalau pada bagian bercak putih terdapat luka, proses penyembuhannya pun sama dengan kulit normal.

Mengobati Vitiligo pada Mata

Memang dengan rusaknya sel melanosit yang memproduksi pigmen, risiko terkena radiasi sinar ultraviolet lebih besar dibanding kulit normal. Sebab, warna putih tidak hanya memantulkan tapi juga menyerap sinar. Alhasil, bagian tubuh lain juga lebih mudah terbakar sinar ultra violet sehingga bercak putih pun menyebar.

Dengan kondisi tersebut, penderita vitiligo tidak boleh terlalu lama terpajan di bawah sinar matahari. Berlama-lama di bawah paparan sinar matahari bagi penderita vitiligo akan memicu kanker kulit. Kendati demikian, Sri Linuwih menegaskan, kanker kulit pada penderita vitiligo sangat jarang ditemui. Kanker kulit lebih sering ditemui pada penderita albino alias vitiligo seluruh tubuh.

Tidak seperti penyakit kulit lain yang umumnya penyebab utamanya adalah jamur, virus, atau bakteri. Hingga saat ini, faktor utama yang penyebab terjadinya proses penghacuran sel-sel pigmen oleh sel imun tersebut belum diketahui secara pasti. Namun sejumlah dokter ahli kulit menduga, penyebabnya adalah gangguan imunitas tubuh atau autoimun.

Penyakit Vitiligo pada Tangan

Gangguan ini menyebabkan sel-sel imun tubuh menyerang dan menghancurkan sel melanosit sehingga produksi pigmen pembentuk warna pun terhenti. Vitiligo bisa menyerang anak-anak hingga dewasa. Tapi umumnya, diderita orang dewasa sekitar usia 30 tahun dan lebih sering menimpa wanita. Meskipun manifestasinya hanya berupa bercak putih dan tidak menimbulkan nyeri, bercak-bercak putih pada wajah mengakibatkan perbedaan penampilan dan memicu timbulnya perasaan rendah diri pada si penderita.

Sering memang Vitiligo pernah dikaitkan dengan faktor keturunan. Termasuk penyakit keturunan seperti tiroid, diabetes, dan lain-lainnya. Tapi karena belum ada kajian ilmiah yang bisa membuktikan kaitan vitiligo dengan hal tersebut, maka gangguan kulit yang satu ini tidak bisa dikatakan penyakit yang disebabkan keturunan atau terkait dengan penyakit lain.

Mengobati Vitiligo Secara Tradisional

Obat Tradisional Jahe

– Cuci bersih 30 gram jahe, kemudian blender jahe tersebut.
– Balurkan hasil blender pada kulit yang menderita vitiligo.

Tanaman Krokot

– Cuci dan bersihkan tanaman krokot hijau segar sebanyak 60 gram.
– Lalu dihaluskan atau bisa dibuat jus.
– Tambahkan cuka beras putih secukupnya.
– Aduk hingga rata.
– Oleskan pada bagian yang terkena vitiligo 2 sampai 3 kali setiap hari.

Catatan:
*Tanaman krokot memiliki daun kecil-kecil yang berbentuk bulat telur sungsang. batangnya berwarna keunguan dengan bentuk yang bulat. Selain itu ia juga memiliki bunga yang berwarna kuning dan biasa digunakan orang untuk memberi makan jangkrik.
*Cuka Beras atau Rice Vinegar dapat dibeli di supermarket atau toko obat cina.

Obat Vitiligo

Mengobati vitiligo bisa dengan mengonsumsi Jelly Gamat Gold G. Obat herbal ini telah terbukti ampuh mengobati penyakit vitiligo maupun penyakit berat lainnya seperti: kanker, stroke, maag, kolesterol, dan beberapa penyakit lainnya.

Jelly Gamat Gold-G

Radang Telinga pada Anak

Anak-anak lebih mudah terserang penyakit infeksi daripada orang dewasa. Semua infeksi yang terjadi pada anak-anak karena berbagai faktor seperti pemahaman higienitas-sanitasi yang kurang dan sistem imun yang masih berkembang. Salah satuya adalah infeksi telinga. Anak-anak pun sering terjadi kasus infeksi telinga.

Penyakit yang dianggap sepele ini kerap terjadi ketika musim hujan atau musim dingin tiba. Menurut para dokter di Amerika Serikat, sedikitnya 80 persen bayi dan anak berumur bawah tiga tahun (batita) pernah terserang penyakit ini. Penyebabnya adalah bakteri yang masuk ke rongga telinga, saat anak berenang, keramas atau mandi.

Kuman Penyebab Radang Telinga

Kebanyakan infeksi telinga pada anak menyebabkan radang di bagian tengah rongga telinga. Saat serangan kuman mulai terjadi, cairan menekan daerah ini, juga gendang telinga. Inilah yang menyebabkan bengkak dan radang.
Rasa nyerinya seperti ditusuk-tusuk. Tekanan yang begitu hebat kadang membuat gendang telinga menjadi pecah, sehingga mengeluarkan cairan yang meleleh keluar telinga. Gendang telinga yang pecah ini, umumnya bisa sembuh seperti sedia kala, tapi ada baiknya diperiksakan ke dokter.
Infeksi telinga umumnya lebih banyak menyerang pada anak-anak ketimbang orang dewasa. Soalnya, pada anak-anak rongga telinga lebih pendek. Jadi, bakteri lebih mudah masuk dan berbiak di tempat yang di tengah rongga telinga.
Telinga terdiri dari tiga bagian, yaitu telinga luar, tengah dan dalam. Ketiga bagian telinga ini bisa terinfeksi pada anak-anak, dan terkadang gejalanya tidak bisa disampaikan oleh sang anak sehingga pengobatannya terlambat.

Seringkali ketika sang anak merasa telinganya gatal, ia akan langsung mengorek liang telinga dengan kukunya atau mencari benda seperti pulpen, pensil, lidi, ranting dan benda lainnya. Benda yang tidak steril ini seringkali melukai kulit liang telinga dan menyebabkan masuknya kuman ke dalam luka. Akibatnya timbul infeksi dan peradangan di telinga luar.

Belum lagi bahaya robeknya gendang telinga akibat tusukan benda tersebut. Gejala yang timbul akibat infeksi telinga luar adalah rasa nyeri di liang dan daun telinga apabila disentuh dan pendengaran terasa berkurang. Bila dilihat menggunakan senter, akan tampak bisul di liang telinga. Kadang rasa nyeri bertambah bila rahang digerakkan.

Gejala Radang Telinga

– Sakit telinga, disebabkan adanya tekanan dari cairan yang terkumpul di dalam telinga tengah pada gendang telinga
– Demam tinggi, kadang disertai diare
– Selera makan turun atau hilang, karena telinganya sakit pada saat mengunyah dan menelan
– Keluarnya cairan dari lubang telinga yang menandai robeknya gendang telinga akibat tekanan cairan
– Peradangan umumnya juga disertai dengan demam, mual-mual, muntah, dan sakit kepala

Infeksi telinga dalam juga sangat beresiko menembus otak dan menimbulkan radang otak. Infeksi yang masuk ke peredaran darah akan menyebabkan infeksi sistemik tubuh. Infeksi yang menyebar ke tulang mastoid akan menyebabkan mastoiditis yang mengharuskan operasi. Pengobatannya sesuai dengan derajat penyakit, mulai dari antimikroba sampai tindakan operasi.

Perlu dipahami bahwa telinga bukanlah organ yang butuh perawatan rutin seperti halnya kulit, gigi, rambut, maupun kuku. Telinga tidaklah membutuhkan pembersihan khusus dari kita, karena kotoran telinga sebenarnya berguna untuk menangkap bakteri, debu dan mencegah tumbuhnya parasit di liang telinga.

Kotoran telinga juga akan kering sendiri dan keluar dari liang telinga. Membersihkan telinga seringkali akan melukai kulit di liang telinga dan membuatnya terinfeksi. Upaya membersihkan dengan cotton bud juga hanya akan membuat kotoran telinga semakin terdorong ke dalam, menumpuk dan menutupi liang telinga.

Maka berikanlah pemahahaman kepada anak untuk tidak memasukkan benda apapun ke dalam telinga, bila terasa gatal cukup memasukkan jari kelingking yang bersih dan menggosok liang telinga dengan ujung bantalan jari. Kuku harus selalu dijaga kebersihannya.

Saat mandi pun cukup mengeringkan bagian luar telinga dengan handuk. Langkah-langkah kecil ini akan tetap menjaga indra pendengaran tetap sehat menemani hidup kita.

Obat Radang Telinga

Obat Herbal OMA Mengobati Gangguan Telinga seperti infeksi telinga, radang telinga, telinga berdenging, telinga bernanah dan telinga berdarah.

Luka Memar Harus Ditangani dengan Benar

Luka memar adalah luka yang sering dijumpai dan dialami oleh seseorang. Biasanya terjadi karena beberapa hal seperti terjatuh atau terkena pukulan ke badan yang menyebabkan beberapa pembuluh darah pecah di bawah permukaan kulit. Perubahan warna dan pembengkakan pada kulit timbul karena adanya rembesan darah ke dalam jaringan.

Luka Memar
Jari kelingking yang seringkali terkena luka memar atau bengkak karena terbentuk kaki meja.

Menurut Stanley M. Zildo seperti dikutip dari bukunya yang berjudul First Aid, Cara Benar Pertolongan Pertama dan Penanganan Darurat, gejala memar adalah daerah yang terkena terasa sakit, kulit memerah lalu berubah warna menjadi biru atau hijau, terkadang timbul bengkak atau benjolan.

Memar biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Meskipun demikian, perlu dilakukan beberapa hal agar memar dapat sembuh lebih cepat, yaitu:

  1. Sesegera mungkin kompreslah dengan menggunakan air dingin atau es pada daerah yang memar untuk mengurangi perdarahan dan pembengkakan.
  2. Bila memar terjadi pada lengan atau kaki, angkat bagian tersebut dengan posisi lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi aliran darah lokal.
  3. Setelah 24 jam, gunakan kompres hangat untuk membantu penyembuhan luka. Kompresan hangat akan membuka pembulu darah sehingga memperlancar sirkulasi darah pada area tersebut.
  4. Bila memar bertambah parah atau bengkak dengan rasa sakit tak tertahankan, segera bawa ke rumah sakit karena ada kemungkinan patah tulang atau luka lainnya.

Tapi untuk memar di bagian perut haruslah diwaspadai. Mengingat di balik kulit perut banyak organ-organ yang penting. Lokasi memar di permukaan dinding perut akan memproyeksikan organ apa yang berada di bawahnya. Kasus perdarahan karena robekan pada hati baik lobus kanan maupun kiri, pecahnya limpa, robeknya lambung beserta usus halus, robekan pada ginjal, pankreas atau kandung kemih bisa terjadi akibat benturan di perut. Jadi jangan pernah menyepelekan benturan di perut.

Terlihat memar kecil yang sangat tidak berarti dari luar, kalau dilihat seperti tidak ada masalah harusnya. Bahkan beberapa kali kita menjumpai tidak ada jejak sama sekali tapi penderita mengeluh nyeri yang luar biasa dan terus menerus pada perut setelah mengalami kecelakaan yang juga tidak terlalu keras. Namun siapa nyana hantaman dari benturan di perut terutama akan dihantarkan ke organ terdekat yang ada di bawah dinding perut.

Gejala yang muncul juga tidak sama. Ada benturan yang masih bisa ditahan penderita nyerinya hingga beberapa hari, namun ada yang beberapa jam saja sudah menimbulkan rasa nyeri hebat. Bahkan menyebabkan penderita masuk ke syok baik hypovolemic maupun neurogenik syok dalam waktu yang sangat cepat.

Resep Tradisional Untuk Mengobati Luka Memar

Bawang Putih

Bahan: bawang putih dan 1 sendok madu;
Cara membuat: bawang putih ditumbuk halus, kemudian diberi 1 sendok madu dan dicampur sampai merata;
Cara menggunakan: dioleskan pada bagian yang luka.

Kencur

Ambil 1 (satu) sendok makan beras, tumbuk bersama 1 (satu) potong kencur sebesar ibu jari yang telah dicuci bersih. Oleskan merata pada bagian yang benjol dan memar.

Pala

– Buah Pinang muda 2 buah
– Buah pala  4 buah
– Jeruk nipis secukupnya

Pertama-tama belah buah pinang dan buah pala ambil isinya, kemudian haluskan kedua bahan tersebut secara bersamaan sehingga bercapur menjadi satu. Setelah dua bahan tersebut halus dan benar-benar lembut letakan dalam satu wadah.

Tahap selanjutnya belah jeruk nipis yang disediakan tadi dan kemudian peras air jeruk nipis campurkan ke dalam wadah yang berisi halusan pala dan buah pinang tadi. Kemudian aduk-aduk hingga rata semua bahan. Jika kurang encer bisa ditambahkan lagi air jeruk nipisnya.

Penggunaan:
Oleskan bahan yang tadi dibuat kebagian tubuh yang lebam/keseleo hingga rata. Jika kering, oleskan kembali dengan sisa bahan yang tadi.

Buah Asam atau Asam Jawa

Oleskan asam jawa (dagingnya yang lunak seperti salep) pada bagian yang memar.

Obat Herbal untuk Luka Memar

Bengkak akibat benturan atau pukulan benda tumpul bisa menyebabkan demam tubuh. Minyak KUTUS KUTUS obat herbal berkualitas dapat membantu mengobati luka memar dan bengkak.

Beberapa obat tradisional yang terbukti dapat menyembuhkan luka memar dengan cepat dan aman yaitu:

Manfaat Obat Herbal Menurut Studi di Amerika

Manfaat obat herbal diketahui sangat beragam. Diantaranya mengobati penyakit seperti alergi, asma, eksim, sindrom pramenstruasi, ejakulasi dini, migrain, gejala menopause, kelelahan kronis, sindrom iritasi usus, dan kanker. Masih banyak lagi khasiatnya yang ditemukan kemudian.

Cara terbaik untuk mengonsumsi obat herbal adalah di bawah bimbingan orang yang mengerti tentang pengobatan herbal.

Manfaat Obat Herbal
Manfaat Obat Herbal. Sumber: PixaBay.

Sebuah studi menunjukkan 90% orang yang sakit rematik mengobatinya dengan terapi alternatif seperti obat-obatan herbal. Obat herbal berpotensi dapat saling berinteraksi dengan obat medis. Karenanya pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker agar sakit yang diderita tidak menjadi semakin parah.

Beberapa tanaman obat keluarga yang sudah umum dan manfaatnya sebagai obat herbal:

Ginkgo

Ginkgo biloba telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati gangguan peredaran darah dan meningkatkan daya ingat. Obat tradisional Ginkgo sangat efektif dalam mengobati Demensia, Alzheimer, dan Klaudikasio Intermiten (sirkulasi kaki yang buruk). Obat herbal ini juga sangat baik untuk mendukung daya ingat orang yang sudah berusia lanjut.

Hasil penelitian laboratorium menunjukkan bahwa ginkgo meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah dan mengurangi penggumpalan trombosit darah. Ini berarti ginkgo juga dapat meningkatkan efek dari beberapa obat pengencer darah, termasuk aspirin.

Orang yang memakai obat pengencer darah harus berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi ginkgo. Begitu pula dengan orang dengan riwayat penyakit kejang maupun yang memiliki masalah kesuburan.

Ginkgo biloba
Ginkgo biloba. Sumber: PixaBay.

Kava

Manfaat obat herbal yang satu ini berkaitan dengan suasana hati. Obat herbal ini bisa menimbulkan perasaan puas dan santai. Disamping juga dapat mengurangi perasaan cemas, insomnia maupun gangguan saraf yang serupa.

Saw Palmetto

Saw Palmetto (Serenoa repens) digunakan oleh lebih dari 2 juta laki-laki di Amerika untuk mengobati penyakit Benign Prostatic Hyperplasia (BPH). BPH adalah membesarnya kelenjar prostat namun bukan termasuk kanker.

Beberapa penelitian menyarankan obat herbal ini untuk mengobati gejala BPH seperti: kencing terlalu sering, sulit kencing, tidak dapat menahan kencing, dan sering kencing di malam hari.

Saint John’s Wort

Saint John’s Wort dikenal sebagai obat herbal dengan efek anti-depresi. Herbal ini efektif mengobati depresi tahap ringan hingga sedang. Efek samping obat herbal ini juga lebih kecil dibanding pengobatan secara medis.

Valerian

Keampuhannya dalam mengatasi masalah sulit tidur membuat Valerian ini menjadi alternatif obat medis yang populer karena lebih aman. Efek samping obat tidur biasanya adalah rasa mengantuk di pagi hari. Dalam hal ini efek Valerian rupanya relatif lebih kecil dibanding obat konvensional.

Echinacea Preparations

Obat herbal ini dapat meningkatkan kekebalan alami tubuh. Echinacea merupakan salah satu produk herbal yang paling sering dikonsumsi. Penelitian belum dapat memastikan apakah khasiatnya untuk mencegah masuk angin ataukah mengobatinya.

Penelitian menunjukkan bahwa Echinacea dapat menurunkan kemungkinan terkena masuk angin sebesar 58%. Selain itu juga dapat mengurangi durasi terkena masuk angin sebesar 1,4 hari. Echinacea tidak cocok dikonsumsi oleh orang menderita gangguan autoimun atau alergi tertentu.

Pastikan membeli obat herbal yang resmi dari distributor obat herbal yang terpercaya. Sehingga didapatkan dosis yang tepat dan memperoleh khasiat seperti yang diharapkan. Tanyakan kepada ahli herbal terdekat mengenai obat herbal yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Sumber: Medical Center ~ University of Maryland

Sejarah Penggunaan Obat Herbal Untuk Pengobatan

Sejarah Singkat Obat Herbal

Penggunaan obat herbal sebagai salah satu metode pengobatan telah dikenal sejak lama sebelum masa pra-sejarah. Manuskrip dari Cina dan Mesir kuno menunjukkan bahwa tumbuh-tumbuhan digunakan sebagai obat sejak awal tahun 3,000 SM.

Kebudayaan asli Afrika dan pribumi Amerika menggunakan obat herbal dalam ritual penyembuhan. Penggunaan obat herbal juga dikembangkan dalam sistem pengobatan tradisional seperti Ayurveda dan pengobatan Cina tradisional. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang di berbagai penjuru dunia cenderung menggunakan tumbuhan yang serupa untuk mengobati penyakit yang sejenis.

Penggunaan Obat Herbal Untuk Pengobatan
Penggunaan Obat Herbal Untuk Pengobatan. Sumber: PixaBay.

Awal abad ke-19, ketika mulai dikenal analisis kimia, ilmuwan mengekstrak dan merubah bahan aktif dari tanaman. Dalam perkembangannya kemudian, ahli kimia pun membuat senyawa tanaman versi mereka sendiri. Akibatnya penggunaan obat herbal menurun dan mulai digantikan obat medis. Hampir seperempat dari obat-obat medis yang ada sekarang sebenarnya merupakan turunan dari obat herbal.

Hingga saat ini WHO memperkirakan ada sekitar 80% penduduk dunia bergantung kepada pengobatan herbal untuk tujuan khusus. Sekitar 70% dokter di Jerman menulis resep untuk menggunakan obat herbal. Di sana tersedia sekitar 600-700 jenis obat herbal. Demikian juga di Amerika. Mahalnya harga obat-obatan medis di negara itu menyebabkan banyak orang beralih ke obat herbal. Dalam 20 tahun terakhir terlihat bahwa penggunaan obat herbal semakin meningkat.

Cara Kerja Obat Herbal

Hingga saat ini belum ditemukan secara pasti bahan tertentu dari tanaman herbal yang memiliki khasiat secara spesifik. Biasanya tanaman herbal terdiri dari banyak bahan dan komposisi yang saling mendukung sehingga menjadi tanaman yang berkhasiat. Keampuhan obat herbal dipengaruhi oleh banyak faktor. Termasuk diantaranya iklim, kualitas tanah, maupun hama tanaman. Begitu juga dengan waktu dan proses pemanenan tanaman herbal.

Penggunaan Obat Herbal di Amerika

Hampir sepertiga orang Amerika mengonsumsi obat herbal. Namun sayangnya, sebuah studi di New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa 70% orang yang mengonsumsi herbal enggan memberi tahu dokter mereka tentang itu. Padahal mereka tergolong memiliki latar belakang pendidikan tinggi dan penghasilan di atas rata-rata.

Sumber: Medical Center ~ University of Maryland

Kenapa TF Organik Spray Begitu Berkhasiat?

TF Organik Spray sering disebut sebagai miracle water (air ajaib) karena hanya dengan 1 produk ini saja mempunyai 13 manfaat baik untuk pencegahan maupun penyembuhan yang dapat digunakan sehari-hari.

Beberapa ekstrak tumbuhan dan buah yg terkandung dalam TF Organik adalah:

Buah Tin

Buah Tin sangat kaya dengan nutrisi, antara lain kalsium, zat besi, potassium, glukosa, dan vitamin C.
Khasiat Buah Tin:
– Membunuh bakteri jahat, tanpa mengurangi bakteri baik.
– Antibiotik alam, dapat mempercepat penyembuhan luka / infeksi.

Daun Sirih

Khasiat:
– Menetralisir bau tak sedap dan bau mulut tanpa membunuh bakteri menguntungkan.
– Mengobati eksim / penyakit kulit lain.
– Sebagai antiseptik / menyembuhkan keputihan.
– Meringankan gusi bengkak dan sakit gigi.
– Meringankan gatal-gatal dan iritasi kulit.

TF Organik Spray
TF Organik Spray, produk yang sangat laris.

Buah Zaitun

Mengandung zat antioksidan dan karotenoid yg disebut Lutein. Lutein membantu proses detoksifikasi dan menangkal radikal bebas. Khasiat lainnya yaitu mencegah penuaan dini dan meningkatkan penglihatan. Buah zaitun juga mengandung vitamin C yang menutrisi dan perbaikan jaringan kulit sehingga lebih segar dan cerah.

Apel India

Mengandung antioksidan tinggi serta vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, & C. Untuk melindungi kulit dan merangsang regenerasi sel.

Karena terbuat dari bahan-bahan alami dan 100% organik seperti disebutkan di atas menjadikan TF Organik sangat aman digunakan pada seluruh anggota tubuh dan segala usia.

Dapatkan produk TF Organik di sini (BONUS: Free Ongkir).

Gandum (TALBINAH): Herba Nabi yang Mujarab

Talbinah merupakan obat nabawi, yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkannya. Alangkah baiknya jika dalam kehidupan kita, terdapat bagian dari anjuran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang kesehatan badan.

Kebanyakan kita bangga dan cinta dengan sunnah. Namun dalam pengobatan dan olah raga yang dia lakukan tidak ada bagian dari sunnah di dalamnya. Sebagai contoh, kita bisa menggantikan sepak bola dengan perlombaan (seperti perlombaan pacuan kuda atau selainnya, sebagaimana terdapat dalam sunnah -pent) dan gulat. Hal ini adalah sunnah nabawi, dimana melakukan dan mempopulerkannya merupakan kebaikan. Demikian juga dengan pengobatan nabawi.

Imam Bukhari rahimahullah mengeluarkan hadits dalam kitab Shahih-nya di tiga tempat (5417, 5689, 5690), dan Imam Muslim rahimahullah (2216), dengan sanad keduanya, (yaitu) hadis dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha:

أنها كانت إذا مات الميتُ من أهلِها، فاجتمع لذلك النساءُ، ثم تفرقن إلا أهلَها وخاصتَها، أمرت ببُرمةٍ من تلبينةٍ فطُبختْ، ثم صُنع ثريدٌ فصبَّت التلبينة عليها، ثم قالت : كُلن منها، فإني سمعتُ رسولِ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ يقول :التلبينةُ مُجمةٌ لفؤادِ المريضِ، تذهب ببعضِ الحزنِ

Bahwasanya apabila salah seorang anggota keluarganya meninggal dunia, maka berkumpullah para wanita. Kemudian mereka berpisah, kecuali keluarga dan orang-orang tertentu. Setelah itu, ia (‘Aisyah radhiyallahu ‘anha) menyuruh diambilkan seperiuk talbinah. Lalu dia memasak dan membuat tsariid. Kemudian dia menuangkan bubur talbinah tersebut di atasnya. Setelah itu, ia berkata: “Makanlah bubur ini! Sesungguhnya, aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Talbinah dapat menyegarkan hati orang yang sakit dan dapat menghilangkan sebagian rasa sedih”.

Talbinah ialah sup/bubur yang terbuat dari tepung atau dedak tepung, kadang dicampuri dengan madu. Sebagian ulama mengatakan bahwa gandum juga bisa digolongkan ke dalam tepung (sehingga bisa dipakai membuat talbinah -pent). Dan gandum rebus, tidak apa-apa, selama tidak terdapat alkohol di dalamnya.

Dalam hal ini ada sebuah faedah, (yaitu) para dokter menyarankan supaya (butiran gandum tersebut -pent) dibakar terlebih dahulu, agar keluar sebagian lemaknya, karena hal itu menyebabkan kegemukan.
‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bermaksud membuat makanan semacam ini ketika ada kematian, karena makanan tersebut dapat menghilangkan kesedihan, dan menghibur hati.
Terbuat dari tepung hasil penggilingan biji gandum murni alami

Khasiat

Membantu mengobati semua gangguan lambung
Mengenyahkan sakit maag secara herbal, alami dan nabawi
Meluruhkan lemak dan kolesterol
Kaya serat pangan, karena kandungan energinya mencapai 249 kkal dalam setiap 100gr. Bandingkan dengan kandungan energi dalam nasi dengan ukuran sama yang mencapai 178 kkal.
Dengan kandungan seratnya yang tinggi, talbinah mampu mengikat asam empedu, membantu pencernaan makanan, meluruhkan lemar dan kolesterol, menstabilkan produksi asam lambung secara alami, sebagai antiemetik (anti mual), melancarkan urine dan feses, mengurangi masuk angin dan perut kembung.
Talbinah memiliki keunggulan kandungan mineral, vitamin (B2, B5, E), niasin, asam folat, zat besi, tembaga, seng, mangan, potasium, magnesium dan antioksidan.
Kekurangan mineral karena kekurangan zat-zat di atas dapat mengakibatkan gangguan kejiwaan, stres dan depresi.
Karena itulah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Talbinah dapat melegakan hati orang yang sakit dan menghilangkan kesedihan.” (Hadits shahih)
Serat dalam talbinah juga mampu mengikat zat-zat karsinogenik karena zat asing dan mikroorganisme yang masuk ke dalma tubuh melalui makanan dan minuman atau proses pencernaan yang tak sempurna, sehingga talbinah baik dikonsumsi untuk menghindarkan dan menghambat kanker, terutama kanker kolon.
Talbinah dari tepung biji gandum utuh tidak beresiko untuk dikonsumsi penderita diabetes melitus. Hal ini berbeda dengan tepung gandum olahan yang putih.
Kandungan fitoestrogen dalam talbinah dapat meningkatkan produksi hormon estrogen, sehingga wanita menjelang menopause, sangat dianjurkan mengkonsumsinya, dan sekaligus dapat mereduksi penyakit jantung.

Cara Penyajian:

Rebus air satu gelas/secukupnya hingga mendidih
Ambil 3-4 sendok makan tepung talbinah
Campur dengan air secukupnya dan aduk hingga merata
Masukkan adukan tepung talbinah ke dalam air mendidih
Aduk terus hingga menjadi bubur
Lebih nikmat jika ditambah gula merah atau garam atau kuah daging
Angat dan biarkan hingga dingin

Mengapa harus Gandum (Talbinah)?

Komposisi Talbinah dan Khasiatnya dalam Pengobatan
Talbinah mempunyai kandungan diantaranya:

  1. Mengandung zat betaglucan, yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  2. Mengandung Vitamin E yang bisa melemahkan enzim-enzim yang mensintesis kolesterol.
  3. Mengandung Potasium, yang berfungsi mengendalikan tekanan darah, karena ia menciptakan keseimbangan antara air dan garam.
  4. Mengandung Potasium, Magnesium, anti oksidan dan vitamin B, kekurangan zat-zat ini di dalam tubuh menyebabkan kekurangan mineral. Para ilmuwan modern mengatakan bahwa penyakit-penyakit kejiwaan, depresi, dan sebagainya merupakan akibat kekurangan mineral tertentu.
  5. Mengandung Melatonin yang berfungsi: Menurunkan kolesterol, Menurunkan tekanan darah, Mengobati Parkinson, Meningkatkan kekebalan tubuh, Mengobati gangguan tidur, Mengobati kanker, Mengobati depresi.
  6. Mengandung Lysine, yang berfungsi membangun kesehatan tubuh.
  7. Mengandung hormon Prostaglofuin, yaitu hormon yang menyebabkan tidur, dengan demikian talbinah mencegah terjadinya insomnia.

Alang-Alang: Antara Dimanfaatkan dan Diabaikan

Alang-alang atau ‘ilalang’ adalah tanaman yang mudah sekali ditemukan dan sering dianggap sebagai rerumputan yang tidak daya guna. Jenis rumput yang daunnya gatal ini, ternyata pada akarnya mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Suatu hari, ketika anak saya mengalami demam yang berkepanjangan, berbagai obat penurun demam sudah dicoba, tetapi hasilnya nihil. Saya coba rebus beberapa akar ilalang, dan airnya rebusannya setelah dingin diminumkan, alhamdulillah, ternyata cocok dan berangsur sembuh.
Untuk mengetahui sejauh mana tentang ‘ilalang dan manfaatnya’, silahkan lanjut membaca artikel dibawah ini:

Nama Lain: Naleueng lakoe (Aceh); Rih, Ri (Batak); Oo (Nias); Alalang, Hilalang, Ilalang (Minang kabau); Lioh (Lampung); Eurih (Sunda); Alang-alang kambengan (Jawa); Kebut, Lalang (Madura); Ambengan, Lalang (BaIi); Kii, Rii (FIores); Padengo, Padanga (Gorontalo); Deya (Bugis); Erer, Muis, Wen (Seram); Weli, Welia, Wed (Ambon).

Tumbuhan alang-alang atau ilalang lebih banyak kita kenal sebagai tanaman pengganggu, namun ternyata ilalang banyak manfaatnya dan dapat menjadi tanaman obat herbal. Ilalang ialah tanaman yang sering dijumpai di area terbuka seperti lahan pertanian, perladangan, tepi sungai, rawa, dan taman atau perkebunan. Tanaman ini biasanya tumbuh pada ketinggian sampai dengan 2.700 meter dari permukaan laut. Perkembangannya sangat cepat, karena daya produksinya – baik secara generatif maupun vegetatif – amat efisien.

Bagian tanaman alang-alang yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional ialah rimpang. Setiap saat rimpang atau akar ilalang dipanen dari tumbuhan yang telah matang, rimpang yang baik akan berwarna pucat, serta berasa manis dan sejuk.

Menurut Profesor Hembing, ahli pengobatan tradisional, rimpang ilalang memiliki khasiat obat untuk berbagai gangguan kesehatan, seperti: batu ginjal, infeksi ginjal, kencing batu, batu empedu, buang air kecil tidak lancar, kencing nanah, kencing darah, prostat, keputihan, batuk, batuk darah, mimisan, pendarahan pada wanita, demam, campak, radang hati, hepatitis, tekanan darah tinggi dan syaraf, asma, radang paru-paru, gangguan pencernaan, diare, dll.

Hasil penelitian tentang tanaman ini menyebutkan bahwa alang-alang bersifat antipiretik (menurunkan panas), diuretik (peluruh air seni), hemostatik (menghentikan pendarahan), dan menghilangkan haus. Alang-alang memiliki sifat manis dan sejuk.

Dengan sifat diuretik yang melancarkan air kencing, alang-alang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit radang ginjal akut, menurunkan tekanan darah dan bertindak sebagai obat batuk. Uji klinik menunjukkan ekstrak akar alang-alang dengan dosis 250-300 g, 2 kali pagi dan sore dapat menyembuhkan 27 kasus dari 30 penderita nefritis akut (peradangan ginjal). Pada nefritis kronis, herba alang-alang dapat mengurangi edema dan menurunkan tekanan darah. Sifat diuretik, yang mengeluarkan cairan tubuh tak berguna ini, juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah yang cenderung tinggi.

Sifat hemostatik pada ilalang, yang bisa menghentikan pendarahan, dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi mimisan dan pendarahan di dalam. Ekstrak herba alang-alang 250 g dapat mengobati epistaksis (mimisan), hemoptisis (batuk darah), hematuri (kencing darah), menorrhagia (perdarahan yang berlebihan saat menstruasi), dan pendarahan gastrointestinal/sistem pencernaa bagian atas. Di samping itu dilaporkan juga bahwa ekstrak akar alang-alang dapat efektif untuk pengobatan hepatitis viral akut pada 28 kasus.

Berikut ini ialah contoh pemanfaatan akar ilalang di masyarakat secara tradisional:

  1. Sebagai peluruh air seni:
    49 buah rimpang kering, dipotong-potong kemudian ditambah dengan 2 gelas air dan dididihkan hingga volume air tinggal 1 gelas, disaring, kemudian diminum 2 kali sehari.
  2. Demam karena buang air kecil berdarah:
    1 sendok penuh rimpang alang-alang, rebus dengan beberapa potong tang kwe (daging buah beligu setengah matang yang dibuat manisan kering) dalam dua gelas sampai airnya tinggal separuh. Air ini diminum 2 gelas 1 hari. Air kencing akan normal dan suhu badan turun.

Nah…, setelah sedikit mengenal manfaat ilalang, pilih mana, antara mengabaikan dan memanfaatkan.

Kandungan dan Khasiat Jelly Gamat Gold G

Khasiat Jelly Gamat Gold G telah terbukti baik secara analitis maupun empiris. Berdasarkan hasil penelitian beberapa universitas di seluruh dunia ditemukan bahwa gamat (teripang) berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit serta berguna sebagai antiseptik tradisional. Anda bisa mendapatkannya di Herbal Permata, Distributor Obat Herbal Area Jawa Timur.

Kencing Manis / Diabetes

Dalam penelitian tersebut terbukti bahwa teripang atau gamat memiliki kandungan “Cell Growth Factor” (faktor regenerasi sel) sehingga mampu merangsang regenerasi/pemulihan sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak bahkan membusuk, sehingga menjadi sehat dan pulih kembali.

Contoh yang mudah misalnya pada kasus penderita diabetes melitus. Selain diminum, gamat juga dioleskan pada luka yang sudah membusuk, bahkan hampir diamputasi. Ternyata, “Cell Growth Factor” mampu bekerja dengan baik sehingga luka menjadi pulih dengan cepat.

Kandungan protein tinggi pada gamat yang mencapai 82% sangat baik diberikan kepada penderita penyakit kencing manis. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya produksi insulin meningkat.

Suplemen Gizi

Khasiat gamat telah umum dikaji secara mendalam oleh berbagai pihak. Studi di China mengungkapkan bahwa gamat/Teripang juga mengandung Saponin Glycosides. Komponen ini mempunyai suatu struktur yang serupa dengan komponen ginseng yang aktif, ganoderma, dan tumbuh-tumbuhan bumbu tonik yang terkenal. Studi China menunjukkan adanya anti kanker pada Saponin dan Polisakarida yang terkandung dalam gamat. Studi modern ini membuktikan bahwa gamat dapat digunakan sebagai suatu tonik dan suplemen gizi.

Dalam penelitian yang dilakukan secara modern telah membuktikan bahwa gamat bermanfaat untuk penyakit musculoskeletal inflammatory, khususnya arthritis rematik, osteoarthritis, dan ankylosing spondylitis, penyakit rematik yang mempengaruhi tulang belakang.

Dalam penelitian medis, lektin telah ditemukan mempunyai efek therapeutic pada Human Immuno deficiency Virus (HIV). Hasil tes laboratorium yang menggunakan sel limfoid, menunjukkan bahwa lektin tumbuhan yang dikenal sebagaijacalin, secara sempurna dapat menghalangi virus HIV. Disamping kemampuannya untuk menggumpalkan sel-sel yang sangat berbahaya, lektin juga berperan sebagai indikator adanya tumor.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Malaysia selama 8 tahun menunjukkan bahwa khasiat Jelly Gamat Gold G dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh, mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan kadar metabolisme, membantu arthritis, penyakit diabetes mellitus dan penyakit hipertensi serta mempercepat penyembuhan luka, baik luka luar maupun luka dalam.

Asam Urat

Menurut ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee, Di Pulau Langkawi, Malaysia, gamat tersohor sebagai obat untuk penyakit nyeri sendi akibat asam urat. Ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee alumnus Wisconsin University mengatakan teripang mengandung kondroitin sulfat dan glukosamin.

Kondritin sulfat berperan memulihkan penyakit sendi. Sedangkan glukosaminoglikan merupakan zat antithrombogenik pelancar peredaran darah yang menggumpal. Pada penderita penyakit asam urat, jumlah glukosamin dan kondritin sedikit.

Riset Dr Mittchell Kurk dari Pusat Revitalisasi Biomedis, New York, Amerika Serikat, menunjukkan teripang berkhasiat meningkatkan kesehatan fisik bagi 70% penderita radang sendi akibat asam urat. Ini akibat glukosamin merangsang tubuh mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi persendian. Menurut dr Zen Djaja MD, dokter di Malang, Jawa Timur, satwa anggota famili Holothuriidae itu mengandung asam lemak 12-MTA alias metthyltetradecanoic acid.

Menurunkan Kolesterol

Khasiat Jelly Gamat Gold G yang ampuh menurunkan kadar kolesterol dibuktikan oleh Hsi-Hsien Liu. Periset National Chung-Hsing University, Taiwan, itu meneliti efek penurunan lemak alias hipolipidemik karena senyawa glikosaminoglikan. Senyawa itu terkandung dalam teripang Metriatyla scabra. Glikosaminoglikan alias GAGs teripang mengandung asam heksosamin dan heksuronat. Percobaan selanjutnya dilakukan terhadap tikus winstar berbobot 5 g, 10 g, 15 g, dan 20 g. Tikus-tikus itu diberi 1% kolesterol selama 6 pekan sehingga total kolesterol, LDL, dan bobot hati meningkat.

Hepatitis

Khasiat gamat memang luar biasa. Kandungan hewan laut filum Echinodermata itu efektif mencegah kehadiran atau bahkan memusnahkan virus patogen. Berbagai pemeriksaan dokter itu menguatkan bukti empiris khasiat gamat menumpas penyakit virus hepatitis yang dialami Wiwiek Ady Pramesti. Pantas jika para dokter itu sepakat untuk meresepkannya. Lantunan kesembuhan para penderita penyakit hepatitis pun seakan menemukan sandaran baru, si penyembuh ajaib dari teripang.

Keampuhan teripang mengatasi penyakit jantung diduga lantaran kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang. Asupan DHA-asam lemak utama pada sperma, otak, dan retina mata-tinggi dapat menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Itu telah dibuktikan Prof Zaiton Hassan, peneliti dari Departemen Ilmu Pangan, Universitas Putra Malaysia, Malaysia. Bersama M. A Kaswandi, dari Universitas Kebangsaan Malaysia, ia meneliti kandungan asam lemak teripang Stichopus chloronotus. Hasilnya: kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69%.

Bagaimana teripang membantu proses penyembuhan itu? Di Universitas Kebangsaan Malaysia, Prof. Ridzwan Hashim menemukan bukti sahih, teripang Holothuria atra, H. scabra, dan Bohadshia argus berefek antibakteri. Bakteri Streptococcus faecalis penyebab pembengkakan lapisan dalam jantung, S. varidasns perusak katup jantung, S. pneumoniae penyebab radang paru-paru dan sinusitis akut, Staphyloccus aureus penyebab meningitis, dan Proteus mirabilis penginfeksi luka, ampuh dibasmi teripang dengan kata lain teripang merupakan solusi terbaik untuk mengatasi penyakit radang paru-paru, sinusitis akut dan jantung koroner.

Aman dan Halal Dikonsumsi

Produk ini juga aman dikonsumsi (termasuk untuk anak-anak). Selain alami, juga telah mendapatkan:

  • Sertifikat HALAL dari Malaysia: JAKIM (22.00)/492/2/1 010-10/2004.
  • Rekomendasi (Sertifikat) Badan POM RI ML 234201001307.
  • Rekomendasi dari Agri-Food & Veterinary Authority of Singapore (AVA) tanggal 11 Oktober 2003 (Semacam Departemen Kesehatan-nya Pemerintah Singapura).

Pengakuan Dunia

  • US FDA menggolongkan Tripang emas sebagai FOOD GRADE
  • Di Australia, sudah dikembangkan untuk membantu pengobatan AIDS & HIV.
  • Di Melbourne, digunakan sebagai sumber protein yang unik.
  • Di Malaysia dan Thailand digunakan sebagai antiseptik dan pengobatan tradisional secara turun menurun.
  • Di Australia & Amerika, ekstrak gamat bermanfaat sebagai obat untuk para atlet, juga suplemen untuk: Sakit sendi, reumatik, osteo-arthritis.
  • Di Asia (Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Brunei) gamat lebih dari 500 tahun yang lalu telah digunakan untuk tonik dan pengobatan tradisional. Di China, Jepang, dan Korea, gamat digunakan sebagai makanan dan hidangan para bangsawan.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Manfaat Herbal

Berikut ini dituliskan kembali dari buku Metode Pengobatan Nabi karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah tentang bagaimana cara memaksimalkan manfaat herbal.

Diriwayatkan dalam sahih Bukhari Muslim dari Abdullaah bin Ja’far bahwa ia menceritakan:

“Aku pernah melihat Rasuulullaah sallAllaah ‘alayhi wasallam menyantap kurma dengan mentimun”.

(Diriwayatkan pula oleh Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, serta Ahmad).

Sebenarnya judul dalam pembahasan ini tidak terfokus pada cara memaksimalkan manfaat herbal. Namun lebih tentang petunjuk Nabi untuk mencegah bahaya makanan dan buah-buahan, kiat menghindari efek sampingnya, dan memaksimalkan manfaat dari makanan dan buah-buahan atau herbal tersebut.

Kurma dan Mentimun

Dalam hadis itu disebutkan bersamaan, kurma dengan mentimun. Beliau secara langsung mengajarkan kepada kita cara memaksimalkan manfaat herbal dengan baik. Kurma bersifat panas pada tingkat kedua, dapat memperkuat lambung dan bersuhu dingin sehingga terasa nyaman, selain juga menambah karbohidrat. Tetapi kurma cepat berubah baunya. Bisa membuat haus, mengotori darah, menimbulkan sumbatan dan rasa sakit pada kantung kemih, disamping juga membahayakan gigi.

Memaksimalkan Manfaat Herbal
Manfaat Herbal Sebagai Obat Tradisional

Sementara itu mentimun bersifat dingin juga pada tingkatan kedua. Bisa meredam rasa haus, menambah stamina, juga bisa menambah aroma karena terdapat unsur wangi di dalamnya. Mentimun bisa meredam panas pada lambung yang meradang. Bila dijemur dan ditumbuk halus, lalu diperas airnya dan diminum, bisa menghilangkan dahaga, memperlancar buang air kecil, juga bisa menghilangkan rasa sakit pada kantung kemih.

Jika ditumbuk dan disaring lalu digosok-gosokkan ke gigi, bisa membersihkan plak gigi. Bila ditumbuk daunnya lalu dijadikan sebagai pembalut tubuh yang sakit setelah dicampur dengan tangkai anggur, bisa juga mengatasi gigitan anjing gila (rabies).

Berlawanan adalah Berpasangan

Jadi cara memaksimalkan manfaat herbal adalah dengan mengetahui fungsi herbal tersebut. Mengetahui sifat dan karakter herbal.

Seperti kurma dan mentimun. Buah yang satu yaitu kurma bersifat panas sementara yang lain mentimun bersifat dingin. Masing-masing bisa memperbaiki kekurangan pada buah yang lainnya, bisa menghilangkan bahayanya dan dapat mengatasi temperatur atau sifat yang berlawanan dengannya, disamping masing-masing juga bisa mencegah pengaruh buruk pada buah yang lain.

Ini adalah formula medis yang komprehensif. Dasar dari metode menjaga kesehatan tubuh. Bahkan ilmu kedokteran banyak yang berinduk pada formula ini sebagai cara memaksimalkan manfaat herbal atau obat-obatan yang diramu.

Seperti yang pernah dikatakan Aisyah RadhiAllaahu ‘anha,

“Mereka berusaha membuat saya gemuk dengan berbagai macam makanan, tetapi tidak berhasil. Ketika mereka berusaha membuat saya gemuk dengan mentimum dan kurma, saya pun menjadi gemuk”.

Penggunaan metode ini pada segala jenis makanan dan obat-obatan bisa memberikan improvisasi dan netralisasi. Mencegah berbagai dampak negatif dari semua bahan tersebut dengan memberikan sesuatu yang berlawanan. Rasa panas yang ada pada kurma dapat menyeimbangkan rasa dingin pada mentimun, karena mentimun agak sulit dicerna lambung, dingin, dan kadang berbahaya. Tetapi dengan perpaduan keduanya akan membantu kesehatan tubuh, meningkatkan stamina dan pertumbuhan badan. Ini benar-benar merupakan cara memaksimalkan manfaat herbal atau obat-obatan atau makanan itu sendiri.

Kesimpulannya, mencegah bahaya sesuatu yang bersuhu dingin adalah dengan sesuatu yang panas. Begitu juga sebaliknya. Panas kurma yang basah bisa dinetralkan dengan kurma kering. Sementara sebaliknya, kurma kering bisa dinetralkan dengan kurma basah. Masing-masing bisa menetralisir suhu yang lain. Itu adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan cara terbaik untuk memaksimalkan manfaat herbal.

Sama seperti Rasuulullaah sallAllaah ‘alayhi wa sallam saat memerintahkan mengonsumi Sana dan Sanuut. Sanuut adalah sejenis madu yang mengandung minyak yang dapat menetralisir Sana.

Contoh lain adalah habbatussaudah yang tergolong herbal panas. Alangkah baiknya bila tidak dikonsumsi sendiri. Terutama bagi mereka yang mempunyai badan yang panas. Dia akan merasa semakin panas. Habbatussaudah sebaiknya dikombinasikan dengan spirulina yang bersifat dingin. Ini agar manfaat herbal tersebut dapat lebih maksimal.

SIWAK – Salah Satu Thibbun Nabawy

Tinjauan Siwak dari segi ilmiah

Banyak hadits yang meriwayatkan tentang siwak dan anjuran untuk menggunakannya. Diantaranya hadits berikut ini:

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siwak adalah pembersih mulut dan sebab ridhanya Rabb.”
(HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Diriwayatkan dari Hudzaifah ra., dia berkata,

“Nabi Saw selalu menggosok giginya dengan siwak setiap bangun dari tidur malam hari.”
(HR Bukhari)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersiwak dalam waktu puasa dan tidak, pada waktu wudhu, ketika akan sholat atau memasuki rumah. Beliau bersiwak dengan kayu (dahan ) Araak. Bila tidur, siwak itu diletakkan di dekat kepalanya, dan jika bangun tidur beliau mulai bersiwak.

Dalam kitab Ath-Thubbun Nabawi (Medis Nabawi) yang disusun oleh Ibnul Qoyyim dijelaskan manfaat siwak antara lain:
– membersihkan mulut,
– membersihkan gusi,
– mencegah pendarahan
– menguatkan penglihatan
– mencegah gigi berlubang
– menyehatkan pencernaan
– menjernihkan suara
– membantu pencernaan makanan
– memperlancar saluran nafas (bicara)
– menggiatkan bacaan
– menahan tidur
– meridhokan Allah Ta’ala
– dikagumi malaikat

Penelitian terbaru terhadap kayu siwak menunjukkan bahwa siwak mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plaque, mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi.

Siwak memiliki kandungan kimiawi yang bermanfaat, seperti:

Antibacterial acids, seperti astringents, abrasive dan detergents yang berfungsi untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi. Pada penggunaan siwak pertama kali, mungkin terasa pedas dan sedikit membakar, karena terdapat kandungan serupa mustard di dalamnya yang merupakan substansi antibacterial acids tersebut.

Kandungan kimia seperti Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silika, Sulfur, Vitamin C, Trimethyl amine, Salvadorine, Tannins dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi. Bahan-bahan ini sering diekstrak sebagai bahan penyusun pasta gigi.

Minyak aroma alami yang memiliki rasa dan bau yang segar, menjadikan mulut menjadi harum dan menghilangkan bau tak sedap.

Enzim yang mencegah pembentukan plaque yang menyebabkan radang gusi. Plaque juga merupakan penyebab utama tanggalnya gigi secara premature.

Anti decay agent (Zat anti pembusukan), yang menurunkan jumlah bakteri di mulut dan mencegah proses pembusukan. Selain itu siwak juga turut merangsang produksi saliva (air liur) lebih, dimana saliva merupakan organik mulut yang melindungi dan membersihkan mulut.

Sebuah penelitian terbaru tentang ‘Periodontal Treatment’ (Perawatan gigi secara periodik/berkala) dengan mengambil sample terhadap 480 orang dewasa berusia 35-65 tahun di kota Makkah dan Jeddah oleh para ilmuwan dari King Abdul Aziz University, Jeddah, menunjukkan bahwa Periodontal treatment untuk masyarakat Makkah dan Jeddah adalah lebih rendah daripada studi yang dilakukan terhadap negara-negara lain, hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan siwak berhubungan sangat erat terhadap rendahnya kebutuhan masyarakat Makkah dan Jeddah terhadap ‘Periodontal Treatment’.

Penelitian lain dengan menjadikan bubuk siwak sebagai bahan tambahan pada pasta gigi dibandingkan dengan penggunaan pasta gigi tanpa campuran bubuk siwak menunjukkan bahwa prosentase hasil terbaik bagi kebersihan gigi secara sempurna adalah pasta gigi dengan butiran-butiran bubuk siwak. Butiran tersebut mampu menjangkau sela-sela gigi secara sempurna dan mengeluarkan sisa-sisa makanan yang masih bersarang pada sela-sela gigi. Sehingga banyak perusahaan-perusahaan di dunia menyertakan bubuk siwak ke dalam produk pasta gigi mereka. WHO pun turut menjadikan siwak termasuk komoditas kesehatan yang perlu dipelihara dan dibudidayakan.

Mari kita budayakan hidup sehat dengan bersiwak…!!!

SIAP NEGO ABIS: Bila ada tempat lain yang menawarkan HARGA LEBIH MURAH, hubungi 0858-5566-5010 untuk NEGO. Dismiss